Thursday, September 21, 2017

Selamat Tahun Baru Islam




Admin Catat Ze mengucapkan selamat tahun baru islam, 1439 hijriah untuk semua pemeluk agama islam, semoga di tahun yang baru ini kita menjadi lebih suka masak. Terlebih lagi suka masak untuk yang tercinta.

Terimakasih untuk yang sudah sering mampir di sini, mimin doakan yang sering mampir di sini jadi orang yang selalu beruntung, aamiin. Semoga teman-teman mimin yang masih jomblo segera dapat jodoh, yang masih mencari pekerjaan segera mendapatkan pekerjaan, semoga yang sedang sakit segara sehat dan semog ayang tidak suka masak jadi hobi masak, aamiin.

Semangat menjalani hari, jangan lupa sarapan. Menggapai cita dan asa itu butuh energi. Good luck!
Read More »

Wednesday, September 20, 2017

CEKER TEMPE PEDAS MANIS KECAP INDOFOOD

ceker tempe pedas manis
Ceker tempe pedas manis
Ini ceritanya sudah lama sekali mau diposting tapi ga jadi-jadi. Entalah apa sebabnya sampai gagal terus diposting. Kali ini alhamdulillah ada kesempatan, aku posting ya. Resep ceker tempe pedas manis. Pedasnya karena menggunakan banyak cabai, manisnya karena di sini aku menggunakan kecap, hu um. Kecap :). Kami di rumah sangat suka dengan yang pedas-pedas, suka ceker dan juga suka tempe. Itulah mengapa aku bikin olahan tempe dna ceker dan rasanya pedas plus manis.

Berikut resepnya:


BAHAN
Tempe 10 potong dan ceker ayam ¼ kg

BUMBU
Bawang merah 5 siung, bawang putih 2 siung, cabai 9 buah, serai 1 batang, daun jeruk 3 lembar, seujung kuku kunyit, seujung kuku jahe, ketumbar 1 sdt, seujung kuku lengkuas. 
Haluskan semua bumbu.

Tambahan Spesial
#KecapIndofood 9 sendok makan

CARA MEMASAK
Tumis bumbu sampai harum
Tambahkan #KecapIndofood 
Masukkan ceker
Tambahkan air putih
Biarkan sampai 10 menit, aduk sesekali
Masukkan tempe
Masak selama 5 menit, aduk sesekali
Sajikan

Resep Ceker Tempe Pedas Manis ini lebih enak disajikan dengan nasi putih dan lalapan segar. Lebih sedap lagi kalau ada lalapan petenya. Uhuuuuuu... Selamat mencoba semuanya, jangan lupa baca bismillah sebelum makan. Ada resep olahan ceker dan tempa yang lain? 

Read More »

Saturday, September 16, 2017

Mengapa menambahkan daun mint ke minuman?

beverage
Minuman segar (pixabay.com)
Mengapa menambahkan daun mint ke minuman kita?

Pertanyaan yang sangat sering aku tanyakan ke diri sendiri saat melihat para chef menyajikan minumannya di sebuah acara memasak di TV. Mereka seperti sangat mencintai dedaunan kecil ini. Setelah membaca sana sini dan melihat sana sini aku menemukan beberapa alasan mengapa daun mint sering digunakan di minuman.

Daun mint membuat tampilan minuman lebih cantik
Coba bayangkan foto di atas tanpa daun mint. Cantik? Ia, tetap cantik tetapi tidak sesempurna saat kita menambahkan daun mint di atasnya.

Daun mint menambah aroma segar pada minuman
Daun mint memiliki aroma segar mint yang kuat, jadi biasanya daun mint yang kita tambahkan ke makanan atau minuman akan mempengaruhi aroma makanan atau minuman tersebut. 

Tampilan yang cantik dan aroma yang menarik tentau akan membuat minuman yang dibuat menjadi favorit orng-orang. Selain itu daun mint mengandung vitamin A, C, D, E, kalsium dan fosfor. Kandungan baik yang banyak ini tentu membuat daun mint memiliki banyak dampak positif terhadap tubuh kita, diantaranya:

Obat jerawat
Suer deh, aku juga baru tahu kalau daun mint bisa digunakan untuk obat jerawat. Caranya campurkan daun mint dan bunga mawar. Giling halus kedua bahan inilalu tempelkan ke wajah yang berjerawat. Diamkan tempelan selama 15 menit lalu cuci dengan air bersih. Lakukan secara rutin sampai jerawat sembuh. Untuk mawar, jika susah mencari mawar segar asli coba beli saja ekstrak kelopak bunga mawar di toko kosmetik atau apotek.

Pelega pernafasan
Sebagai informasi, selain kandungan yang sudah tertera di atas, daun mint juga menandung menthol yang memebrikan efek menyegarkan untuk mulut dan pernafasan. Jadi dengan mengkonsumsi daun mint kitaa bisa membuat nafas jadi lebih baik.

Pencegah kanker
Zaman sekarang ini agak ngeri-ngeri sedap, banyak sekali orang yang terserang kanker yang sering kali berujung ke kematian. Masih mendingg langsung meninggal, ini pakai acara sakit-sakitan dlu dan menguras dompet. Daun mint mengandung anti oksidan, vitamin A, dan C yang baik sekali untuk menangkal kanker. Penangkal kankernya kece begini, mengapa tidak kita gunakan ya kan? :) Aku doakan kita selalu sehat dan dirahmati Allah, SWT. Aamiin

Meningkatkan nafsu makan
Mungkin bagi yang sedang dalam program diet akan ngeri dengan kalimat menambah nafsu makan. Tetapi untuk yang ingin menggemukkan badan sangat cocok dong ya.

Mengurangi stres
Entah mengapa aroma yang dikeluarkan daun mint dapat mengurangi tingkatan stres yangs edang dialami lho. Untuk yang sedang stres karena pekerjaan atau karena kuliah mungkin bisa mencoba menikmati aroma duan mint.

Mengatasi panas
Ini adalah sebuah informasi baru untuk kita semua. Daun mint ternyata dapat digunakan unutk pereda panas lho.

Menjaga kesehatan gigi
Daun mint mengandung senyawa anti inflamasi dan anti bakteri yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi kita.

Bagus untuk mata
Ini dia, karena  mengandung vitamin A otomatis si daun mint bagus untuk kesehatan mata kita.

Bagus untuk kekebealan tubuh
Vitamin C yang terkandung di daun mint bisa membantu kita menjaga kekebalan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit.

Nah, banyak kan manfaat yang bisa kita dapat dari daun mint? Jadi wajar kalau daun mint sering ditambahkan ke minuman.

Kalau tertarik menanam daun mint bisa dibaca di sini ya caranya:
Gampangnya menanam daun mint

Read More »

Thursday, September 14, 2017

Fakta Tentang Makaroni

fakta tentang macaroni
Macaroni (pixabay.com)
Well, jadi ceritanya aku mencari informasi tentang makaroni. Aku penasaran tentang olahan gandum ini. Kan sedang marak jualan sncak makaroni. Ntah itu makaroni gorenglah, makaroni pedas lah, makaroni siap makan lah, dan lain sebagainya. Karena sudah tahu infonya aku tuliskan di blog. Siapa tahu nanti bisa jadi sesuatu yang berguna untuk kita semua, aamiin. Ok, kita lanjut.

Jadi apa fakta tentang makaroni?

Makaroni terbuat dari gandum durum
ia, jadi ternyata makaroni terbuat dari gandum durum. Gandum durum adalah gandum yang berwarna kuning. Berbeda dengan gandum lain yang biasanya berwarna putih. Jadi jangan heran kalau si makaroni itu warnanya kuning. Karena bahan utamanya memang gandum yang berbeda. gandum durum berbiji lebih kasar denagn kulit gandum berwarna coklat.

Asal usul makaroni sebenarnya agak kabur
Kalau ditanya darimana asal makaroni maka yakinlah sebagian besar orang akan menjawab Itali. ia kan? Ia, memang seperti itu. Sebenarnya makaroni berasal dari daerah Timur Tengah dan menyebar ke kawansan Eropa. Tapi eh tapi, tapi Itali lah yang justru banyak mengkonsumsi makaroni dan banyak menyebut-nyebutnya serta berpromosi. Memang wajar, karena pada akhirnya makaroni banyak dikonsumsi di Itali, makaroni pun mengalami banyak perkembangan di sana. Wal hasil makaroni dipatenkan di Itali. Nah lho, ternyata benar hak peten itu penting. Sepertinya kita permu mematenkan makanan dari Indonesia. Bagaimana menurut kalian?

Makaroni dicetak menggunakan mesin
Biasanya makaroni dicetak menggunakan mesin, bayangkan kalau kita menggunakan tangan. Akan agak repot pasti.

Makaroni memiliki berbagai macam bentuk
Jadi makaroni itu bentuknya beda-beda. Ada seperti foto di atas, ada yang panjang-panjang, ada yang spiral, pokoknya macam-macam deh.

Makaroni enak diolah jadi berbagai jenis makanan
Iyap, betul! Siapa sih sekarang yang tidak kenal dengan makaroni goreng, makaroni skutel, sup makaroni, pizza makaroni dan lain sebagainya. Makaroni cocok untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Makaroni adalah sumber karbohidrat
Karena makaroni terbuat dari gandum, berarti makaroni bisa menjadi sumber karbohidrat kita lho.

Orang Itali suka mengkonsumsi makaroni dengan pasta
Kalau lihat orang-orang Itali mengolah makaroni coba lihat, mereka biasanya mengolah makaroni dengan berbagai macam jenis pasta.

Orang Amerika suka mengkonsumsi makaroni dengan keju
Berbeda dengan Itali, orang Amerika Utara justru lebih suka dengan olahan makaroni dan keju.

Orang Indonesia suka mengkonsumsi kerupuk makaroni atau makaroni goreng
Hehehehehee........eh ini benar kan? Ini berdasarkan pengamatanku di Bengkulu lho ya. Aku lihat mereka lebih suka makan makaroni yang digoreng lalu diberi berbagai rasa. Biasanya yang disukai adalah rasa pedas. Aku juga lihat ada banyak sekali promosi tentang kerupuk makaroni alias makaroni goreng berseliweran di dunia maya. Asli, di indonesia sebagian besar makanan bisa digoreng. Mungkin ini efek kita kaya dengan sawit kali ya :D

Ada info tambahan lain tentang makaroni?

Oh ia, jangan lupa sarapan ya :)

Read More »

Wednesday, September 13, 2017

Ichigo Daifuku Ala Zefy

ichigo daifuku
Ichigo Daifuku di Mata Google

Well, what is ichigo daifuku?

Ada yang tahu dengan ichigo daifuku?

Atau jangan-jangan malah ada yang sering buat dan makan nih.

Okeh, aku pertama kali lihat foto ichigo daifuku langsung jatuh cinta. Kalau kata band J Rock itu "......i am falling in love with u.......with.......u......., Ichigo Daifuku". 

Pertama kali aku tahu tentang ichigo daifuku dari suamiku. Dia kan anak sastra Jepang dan pencinta Jepang (nomor 2 setelah Indonesia). Jadi, dia nih yangcerita tentang ichigo daifuku. Dia kasi lihat ke aku, dia tahu kalau aku pasti suka. Ya ialah suka, aku kan salah satu manusia pencinta ketan, termasuk mochi. Kalian tahu? Ichigo daifukuitu balutan luarnya terbuat dari adonan tepung ketan, persis mochi.

Intinya ichigo daifuku adalah dessert yang adaonan luarnya mirip mochi, dalamnya terdiri dari lapisan kacang merah dan strawberry.. So sweet banget kan ya, aku sambil nulis saja sambil ences ences, tisu mana tisu? Lembut, manis, sedikit asam, dan segar. Come on ichigo daifuku...come to mama.

Ini resep ichigo daifuku yang bisa kita praktekkan sama-sama.

Bahan:
1/2kg tepung ketan putih
30 buah strawberry ukuran sedang
Kacang merah 1/2 kg
Sujung sendok teh garam
1/2 gelas gula putih halus
1/2 liter air
Tepung maizena secukupnya

Cara Membuat:
1. Rebus kacang merah hingga lembut, jangan lupa tambahkan garam lalu tiriskan.
2. Haluskan kacang merah
3. Campurkan gula halus
4. Ambil sejumput adonan kacang merah, bentuk bulat pipih
5. Letakkan strawberry ke atas pipihan kacang merah, bentuk bulat
6. Lakukan sampai semua strawberry habis, masukkan ke kulkas
7. Adon tepung ketan dengan air, masukkan ke pinggan tahan panas
8. Kukus adonan ketan sampai masak, lebih kurang 20 menit
9. Sambil menunggu adonana ketan masak, siapkan nampan yang sudah dutaburi tepung maizena
10. Angkat adonan ketan
11. Letakkan adonan di atas nampan yang sudah berisi tepung maizena
12. Gulingkan adonan hingga tidak lengket
13. Bagi adonan menjadi 30 bagian
14. Gunakan adonan untuk membungkus kacang merrah dan strawberry tadi
15. Yeay.....siap saji...

Ada yang sudah coba? Bagaimana hasilnya? Okeh kan? Enak kan? Ingat baca doa sebelum makan kan? hehehee

Pokoknya untuk para penggemar mochi, para pengemar strawberry dan para penggemar kacang merah ichigo daifuku sangat recommended lah pokoknya. Mantab surantab.

Baca juga
Resep Sate Padang Ala Zefy
Read More »

MARTABAK BELINYU YANG TAK BUKA CABANG

martabak belinyu
Kios Martabak Belinyu
Weekend adalah waktunya untuk aku dan suami jalan-jalan. Selain jalan-jalan, malam minggu adalah waktu untuk kami berwisata kuliner alias makan-makan. Kami biasanya akan makan di tempat yang aku atau kami belum pernah makan. Jadi kami bisa mencicipi berbagai jenis makanan dan tahu tempat makan yang mana yang enak. Kali ini kami mencoba martabak Belinyu yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Kelurahan Pintu Batu, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Awalnya aku bertanya: "Mengapa harus beli di sana, toh sama saja kan dengan martabak-martabak Bangka yang lain?"

Suamiku menjawab: "Coba deh lihat tulisannya, Tidak Buka Cabang."

Jadi ternyata menurut suamiku tulisan tidak buka cabang ini  menandakan bahwa martabak ini enak tetapi memang belum mau membuka cabang. Hal ini dilakukan untuk menantisipasi jika ada penjual martabak yang mengaku cabang dari martabak Belinyu ini. Namanya juga pemikiran berbeda-beda kan ya hehehehe. Aku akhirnya ikut pak suami, memang kata-kata pak suami benar. Sepertinya kau harus cicip martabak yang satu ini.

Seperti yang ada di foto, tempat menjual martabak ini masih sangat sederhana tetapi memang orang datang silih berganti untuk membeli martabaknya. OK OK OK, aku jadi yakin mau mencicipi martabak Bangka Belinyu ini. Setelah kami selesai memarkirkan motor aku langsung menuju tempat pemesanan.

Pesanan sedang dimasak
Sebagaimana kaum perempuan yang lain, hla pertama yang aku lihat adalah harganya bro. Harganya masih terjangkau dengan masyarakat, kisaran Rp 22.000,- s/d Rp 55.000,- per loyang. Sewaktu lihat daftar harga sebenarnya aku sedikit merasa terkejut. Bagiku ini lumayan mahal dibanding dengan martabak langganan kami, yang sudah bisa diboyong dengan uang Rp 15.000,- per loyangg. Tetapi setelah melihat besarnya loyang aku merasa sama saja, karena loyang yang dibunakan memang lebih besar dibanding dengan loyang martabak biasa.

Oh ia, kios martabak Belinyu ini dibuka sejak tahun 1989. Tahun yang sama dengan kelahiran suamiku. Aku langsung kebayang saat ada seorang anak laki-laki lahir, menangis oek oek lalu dibukalah sebuah kios hehheehheheee......daya hayal yang tinggi ini luar biasa.

Kios martabak Belinyu di Jl. Jenderal Sudirman ini menyediakan:
Martabak Kacang Rp 22.000,-
Martabak Coklat Rp 22.000,-
Martabak Wijen Rp 22.000,-
Martabak Srikaya Rp 22.000,-
Martabak Nanas Rp 22.000,-
Martabak Jagung Rp 24.000,-
Martabak Strawberry Rp 24.000,-
Martabak Blue Berry Rp 24.000,-
Martabak Kismis Rp 25.000,-
Martabak Keju Rp 32.000,-
Martabak Spesial Biasa Rp 35.000,-
Martabak Spesial Kismis Rp 38.000,-
Martabak Nutela Rp 55.000,-

Martabak Belinyu Kismis Pesananku
Setelah melihat menu yang ditawarkan aku memilih martabak kismis. Pesananku langsung dibuat oleh penjual martabak ini. Sambil membuat martabak beliau bercerita kalau martabak mereka tidak membuaka cabang. Dia juga bercerita bahwa kios martabak ini dibuka sejak tahun 1989. lalu dia menceritakan bahwa Belinyu adalah nama salah satu wilayah di Provinsi Bangka Belitung

Tak menunggu begitu lama pesananku selesai. Itu di atas fotonya aku abadikan.

Martabak
Martabaknya kami bawa pulang untuk makan di rumah bersama keluarga. Bagaimana rasanya? Rasanya enak lho, bener.

Yuk ke Bengkulu.

Baca juga
Test Nyemi di Mamaling Kopitiam Bengkulu


Read More »

Sunday, September 10, 2017

Mengapa harus sarapan?

sarrapan nasi goreng
Sarapan
Sarapan apa pagi ini teman-teman dumay? Apa kalian tidak bisa sarapan pagi?

Mari kita catat sedikit mengapa sarapan itu penting.

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
Untuk menjalani kegiatan sehari-hari tubuh kita memerlukan asupan makanan untuk diubah menjadi enargi. Bayangkan saat kita akan melakukan banyak aktivitas, kita memerlukan banyak energi dari dalam tubuh kita. Kalau kita tidak memberi asupan makanan untuk diubah menjadi energi maka kita tidak bisa melakukan aktivitas harian kita dengan baik.

2. Meningkatkan konsentrasi
Ayolah kawan selain badan, otak kita memerlukan energi untuk berfikir. Kasihan kan otak kalau diminta berfikir tapi tidak kita kasi asupan makanan.

3. Mengurangi resiko makan berlebih saat makan siang
Aku jadi ingat dengan salah seorang teman yang jika tak makan pagi maka makan siangnya akan mengarahkan makanan gajah hehehhee (canda). Aku mengatakan seperti itu karena makannya banyak sekali. Sebenarnya meninggalkan makan pagi memang meningkatkan resiko banyak makan siang. Ini terjadi karena kita kelaparan dak kalap melihat makanan yang tersaji, ayo de ngaku.

4. Mengontrol berat badan
Serius, ini katanya makan pagi bisa mengontrol berat badan kita lho. Kalau berdasarkan analisis aku sih ini benar. Kan kalau makan pagi maka resiko kita tergoda cemilan-cemilan akan berkurang karena dalam kondisi kenyang. Kalap saat makan siang juga insyaallah akan berkurang.

5. Menjaga gula darah tetap stabil
Makan pagi membuat gula darah kita tetap stabil, begitu lho katanya.

6. Mengurangi resiko bad mood saat menjalani hari
Apa yang terjadi saat lapar? Ya, kita akan bad mood. Hal ini terjadi karena kita merasa tidak nyaman karena lapar.

7. Mengurangi resiko daya ingat rendah
Seperti yang ada pada point nomor 2 di atas, otoak kita juge memerlukan asupan enargi untuk mengingat sesuatu. Ibarat motor lah, bagaimana mau jalan kalau bahan bakarnya kosong. ia kan ya? :)

Banyak sekali manfaat dari sarapan pagi, jadi walaupun sibuk sepertinya kita harus tetap sarapan ya. Pantasan saja dalam islam ada yang namanya makan sahur, ini sama denga sarapan.

Yuk sarapan yuk :)

Read More »
COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES