Wednesday, August 30, 2017

Serunya makan rebus biji durian

rebus biji durian
Biji durian (koleksi pribadi)
Sebagai informasi man teman, sekarang di Bengkulu sudah masuk musim durian. Meskipun belum puncaknya tapi durian sudah bisa kita lihat dimana-mana. Hanya saja kalau belum puncaknya begini harganya belum murah, masih kisaran Rp 15.000,- s/d Rp 35.000,- per buahnya. Berbeda saat puncak musim nanti, kita bisa beli durian dengan harga Rp 5.000,- s/d Rp 20.000,- per buah.

durian bengkulu
Ayah dan durian pilihannya
Meski harga masih lumayan mahal untuk Bengkulu, Ibu dan Ayah minggu kemarin nekat beli durian di Pasar Pagar Dewa. Mereka kepingin makan durian katanya. Jadilah ayah, ibu, Ardi, Daurez, suamiku, dan aku berangkat sekeluarga dengan penuh semangat.

Sebenarnya aku sangat suka dengan durian, tapi karena baru menikah ibu melarangku makan durian. Katanya panas, kurang bagus untuk orang yang baru sudah menikah dan merencanakan memiliki keturunan, hmmmmmmmmmmmmm..... anak baik harus ikut nasehat orang tua.

Karena dikurangi dengan jatahku, mereka hanya membeli 7 buah durian. Ia, untuk kami sebagai kelarga penggemar durian, 7 buah durian itu sedikit. Kakek dulu punya kebun durian, kalau panen bisanya kami bisa makan sepuasnya (nostalgia).

Sampai di rumah durian langsung diserbu, pokonya habis tak bersisa. Kalau kate mereka buah durian adalah salah satu nikmat dunia. Seusai anggota rumah membantai durian tersisala biji-biji durian yang sudah bersih dari dagingnya.

Kalau kalian untuk apa biji durian?

Kalau kami biji durian ini bisa direbus untuk cemilan, enak lho. Membuatnya juga gampang. Biji durian yang sudah bersih dari dagignya dicuci bersih, lalu rebus dengan air secukupnya. Masak hingga lembut. Setelah lembut matikan kompor dan tiriskan biji durian.

Kalau dulu biasanya aku dan adik-adik akan makan biji durian ini dengan rebutan. Rebutan membuat makan biji durian jadi seru.

Sebagai informasi, rebusan biji durian agal sedikit berlendir, hal ini membuat tidak semua orang suka makan biji durian.

Tapi bagiku rebusan biji durian enak lho, bener, coba deh :)




Baca Juga
Tumis Bihun Ala Zefy

2 comments:

  1. Yg aku tau biji nangka bisa direbus. Blm prnh coba kalo biji durian :) . Mungkin rasanya ga begitu jauh beda ya mba. Ntr aku coba deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau biji durian ini agak sedikit berlendir mba, beda dengan biji nangka :)

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES