Thursday, September 14, 2017

Fakta Tentang Makaroni

fakta tentang macaroni
Macaroni (pixabay.com)
Well, jadi ceritanya aku mencari informasi tentang makaroni. Aku penasaran tentang olahan gandum ini. Kan sedang marak jualan sncak makaroni. Ntah itu makaroni gorenglah, makaroni pedas lah, makaroni siap makan lah, dan lain sebagainya. Karena sudah tahu infonya aku tuliskan di blog. Siapa tahu nanti bisa jadi sesuatu yang berguna untuk kita semua, aamiin. Ok, kita lanjut.

Jadi apa fakta tentang makaroni?

Makaroni terbuat dari gandum durum
ia, jadi ternyata makaroni terbuat dari gandum durum. Gandum durum adalah gandum yang berwarna kuning. Berbeda dengan gandum lain yang biasanya berwarna putih. Jadi jangan heran kalau si makaroni itu warnanya kuning. Karena bahan utamanya memang gandum yang berbeda. gandum durum berbiji lebih kasar denagn kulit gandum berwarna coklat.

Asal usul makaroni sebenarnya agak kabur
Kalau ditanya darimana asal makaroni maka yakinlah sebagian besar orang akan menjawab Itali. ia kan? Ia, memang seperti itu. Sebenarnya makaroni berasal dari daerah Timur Tengah dan menyebar ke kawansan Eropa. Tapi eh tapi, tapi Itali lah yang justru banyak mengkonsumsi makaroni dan banyak menyebut-nyebutnya serta berpromosi. Memang wajar, karena pada akhirnya makaroni banyak dikonsumsi di Itali, makaroni pun mengalami banyak perkembangan di sana. Wal hasil makaroni dipatenkan di Itali. Nah lho, ternyata benar hak peten itu penting. Sepertinya kita permu mematenkan makanan dari Indonesia. Bagaimana menurut kalian?

Makaroni dicetak menggunakan mesin
Biasanya makaroni dicetak menggunakan mesin, bayangkan kalau kita menggunakan tangan. Akan agak repot pasti.

Makaroni memiliki berbagai macam bentuk
Jadi makaroni itu bentuknya beda-beda. Ada seperti foto di atas, ada yang panjang-panjang, ada yang spiral, pokoknya macam-macam deh.

Makaroni enak diolah jadi berbagai jenis makanan
Iyap, betul! Siapa sih sekarang yang tidak kenal dengan makaroni goreng, makaroni skutel, sup makaroni, pizza makaroni dan lain sebagainya. Makaroni cocok untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Makaroni adalah sumber karbohidrat
Karena makaroni terbuat dari gandum, berarti makaroni bisa menjadi sumber karbohidrat kita lho.

Orang Itali suka mengkonsumsi makaroni dengan pasta
Kalau lihat orang-orang Itali mengolah makaroni coba lihat, mereka biasanya mengolah makaroni dengan berbagai macam jenis pasta.

Orang Amerika suka mengkonsumsi makaroni dengan keju
Berbeda dengan Itali, orang Amerika Utara justru lebih suka dengan olahan makaroni dan keju.

Orang Indonesia suka mengkonsumsi kerupuk makaroni atau makaroni goreng
Hehehehehee........eh ini benar kan? Ini berdasarkan pengamatanku di Bengkulu lho ya. Aku lihat mereka lebih suka makan makaroni yang digoreng lalu diberi berbagai rasa. Biasanya yang disukai adalah rasa pedas. Aku juga lihat ada banyak sekali promosi tentang kerupuk makaroni alias makaroni goreng berseliweran di dunia maya. Asli, di indonesia sebagian besar makanan bisa digoreng. Mungkin ini efek kita kaya dengan sawit kali ya :D

Ada info tambahan lain tentang makaroni?

Oh ia, jangan lupa sarapan ya :)

4 comments:

  1. wah ini makanan kesukaan ku ini. sering beli kalau makaroni, yang bumbu pedas enak.

    ReplyDelete
  2. Lebih enak lagi makaroni bisa dibikin seblak mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius? baru tahu kalau ada seblak dari makaroni

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES