Wednesday, September 13, 2017

MARTABAK BELINYU YANG TAK BUKA CABANG

martabak belinyu
Kios Martabak Belinyu
Weekend adalah waktunya untuk aku dan suami jalan-jalan. Selain jalan-jalan, malam minggu adalah waktu untuk kami berwisata kuliner alias makan-makan. Kami biasanya akan makan di tempat yang aku atau kami belum pernah makan. Jadi kami bisa mencicipi berbagai jenis makanan dan tahu tempat makan yang mana yang enak. Kali ini kami mencoba martabak Belinyu yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Kelurahan Pintu Batu, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Awalnya aku bertanya: "Mengapa harus beli di sana, toh sama saja kan dengan martabak-martabak Bangka yang lain?"

Suamiku menjawab: "Coba deh lihat tulisannya, Tidak Buka Cabang."

Jadi ternyata menurut suamiku tulisan tidak buka cabang ini  menandakan bahwa martabak ini enak tetapi memang belum mau membuka cabang. Hal ini dilakukan untuk menantisipasi jika ada penjual martabak yang mengaku cabang dari martabak Belinyu ini. Namanya juga pemikiran berbeda-beda kan ya hehehehe. Aku akhirnya ikut pak suami, memang kata-kata pak suami benar. Sepertinya kau harus cicip martabak yang satu ini.

Seperti yang ada di foto, tempat menjual martabak ini masih sangat sederhana tetapi memang orang datang silih berganti untuk membeli martabaknya. OK OK OK, aku jadi yakin mau mencicipi martabak Bangka Belinyu ini. Setelah kami selesai memarkirkan motor aku langsung menuju tempat pemesanan.

Pesanan sedang dimasak
Sebagaimana kaum perempuan yang lain, hla pertama yang aku lihat adalah harganya bro. Harganya masih terjangkau dengan masyarakat, kisaran Rp 22.000,- s/d Rp 55.000,- per loyang. Sewaktu lihat daftar harga sebenarnya aku sedikit merasa terkejut. Bagiku ini lumayan mahal dibanding dengan martabak langganan kami, yang sudah bisa diboyong dengan uang Rp 15.000,- per loyangg. Tetapi setelah melihat besarnya loyang aku merasa sama saja, karena loyang yang dibunakan memang lebih besar dibanding dengan loyang martabak biasa.

Oh ia, kios martabak Belinyu ini dibuka sejak tahun 1989. Tahun yang sama dengan kelahiran suamiku. Aku langsung kebayang saat ada seorang anak laki-laki lahir, menangis oek oek lalu dibukalah sebuah kios hehheehheheee......daya hayal yang tinggi ini luar biasa.

Kios martabak Belinyu di Jl. Jenderal Sudirman ini menyediakan:
Martabak Kacang Rp 22.000,-
Martabak Coklat Rp 22.000,-
Martabak Wijen Rp 22.000,-
Martabak Srikaya Rp 22.000,-
Martabak Nanas Rp 22.000,-
Martabak Jagung Rp 24.000,-
Martabak Strawberry Rp 24.000,-
Martabak Blue Berry Rp 24.000,-
Martabak Kismis Rp 25.000,-
Martabak Keju Rp 32.000,-
Martabak Spesial Biasa Rp 35.000,-
Martabak Spesial Kismis Rp 38.000,-
Martabak Nutela Rp 55.000,-

Martabak Belinyu Kismis Pesananku
Setelah melihat menu yang ditawarkan aku memilih martabak kismis. Pesananku langsung dibuat oleh penjual martabak ini. Sambil membuat martabak beliau bercerita kalau martabak mereka tidak membuaka cabang. Dia juga bercerita bahwa kios martabak ini dibuka sejak tahun 1989. lalu dia menceritakan bahwa Belinyu adalah nama salah satu wilayah di Provinsi Bangka Belitung

Tak menunggu begitu lama pesananku selesai. Itu di atas fotonya aku abadikan.

Martabak
Martabaknya kami bawa pulang untuk makan di rumah bersama keluarga. Bagaimana rasanya? Rasanya enak lho, bener.

Yuk ke Bengkulu.

Baca juga
Test Nyemi di Mamaling Kopitiam Bengkulu


2 comments:

  1. boleh ne dicoba, enak kyaknya. barang kali mau juga di endorse hehehee

    ReplyDelete
  2. Hai sist, saya lagi mau cari kios buat kuliner di Bengkulu. Kalo sist ada kenalan yg mau sewain kios, bole mohon bantuan buat kabarin saya.0812 8791 3537 (wa)
    Terima kasih

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES