Sunday, September 10, 2017

Mengapa harus sarapan?

sarrapan nasi goreng
Sarapan
Sarapan apa pagi ini teman-teman dumay? Apa kalian tidak bisa sarapan pagi?

Mari kita catat sedikit mengapa sarapan itu penting.

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
Untuk menjalani kegiatan sehari-hari tubuh kita memerlukan asupan makanan untuk diubah menjadi enargi. Bayangkan saat kita akan melakukan banyak aktivitas, kita memerlukan banyak energi dari dalam tubuh kita. Kalau kita tidak memberi asupan makanan untuk diubah menjadi energi maka kita tidak bisa melakukan aktivitas harian kita dengan baik.

2. Meningkatkan konsentrasi
Ayolah kawan selain badan, otak kita memerlukan energi untuk berfikir. Kasihan kan otak kalau diminta berfikir tapi tidak kita kasi asupan makanan.

3. Mengurangi resiko makan berlebih saat makan siang
Aku jadi ingat dengan salah seorang teman yang jika tak makan pagi maka makan siangnya akan mengarahkan makanan gajah hehehhee (canda). Aku mengatakan seperti itu karena makannya banyak sekali. Sebenarnya meninggalkan makan pagi memang meningkatkan resiko banyak makan siang. Ini terjadi karena kita kelaparan dak kalap melihat makanan yang tersaji, ayo de ngaku.

4. Mengontrol berat badan
Serius, ini katanya makan pagi bisa mengontrol berat badan kita lho. Kalau berdasarkan analisis aku sih ini benar. Kan kalau makan pagi maka resiko kita tergoda cemilan-cemilan akan berkurang karena dalam kondisi kenyang. Kalap saat makan siang juga insyaallah akan berkurang.

5. Menjaga gula darah tetap stabil
Makan pagi membuat gula darah kita tetap stabil, begitu lho katanya.

6. Mengurangi resiko bad mood saat menjalani hari
Apa yang terjadi saat lapar? Ya, kita akan bad mood. Hal ini terjadi karena kita merasa tidak nyaman karena lapar.

7. Mengurangi resiko daya ingat rendah
Seperti yang ada pada point nomor 2 di atas, otoak kita juge memerlukan asupan enargi untuk mengingat sesuatu. Ibarat motor lah, bagaimana mau jalan kalau bahan bakarnya kosong. ia kan ya? :)

Banyak sekali manfaat dari sarapan pagi, jadi walaupun sibuk sepertinya kita harus tetap sarapan ya. Pantasan saja dalam islam ada yang namanya makan sahur, ini sama denga sarapan.

Yuk sarapan yuk :)

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES