Saturday, September 16, 2017

Mengapa menambahkan daun mint ke minuman?

beverage
Minuman segar (pixabay.com)
Mengapa menambahkan daun mint ke minuman kita?

Pertanyaan yang sangat sering aku tanyakan ke diri sendiri saat melihat para chef menyajikan minumannya di sebuah acara memasak di TV. Mereka seperti sangat mencintai dedaunan kecil ini. Setelah membaca sana sini dan melihat sana sini aku menemukan beberapa alasan mengapa daun mint sering digunakan di minuman.

Daun mint membuat tampilan minuman lebih cantik
Coba bayangkan foto di atas tanpa daun mint. Cantik? Ia, tetap cantik tetapi tidak sesempurna saat kita menambahkan daun mint di atasnya.

Daun mint menambah aroma segar pada minuman
Daun mint memiliki aroma segar mint yang kuat, jadi biasanya daun mint yang kita tambahkan ke makanan atau minuman akan mempengaruhi aroma makanan atau minuman tersebut. 

Tampilan yang cantik dan aroma yang menarik tentau akan membuat minuman yang dibuat menjadi favorit orng-orang. Selain itu daun mint mengandung vitamin A, C, D, E, kalsium dan fosfor. Kandungan baik yang banyak ini tentu membuat daun mint memiliki banyak dampak positif terhadap tubuh kita, diantaranya:

Obat jerawat
Suer deh, aku juga baru tahu kalau daun mint bisa digunakan untuk obat jerawat. Caranya campurkan daun mint dan bunga mawar. Giling halus kedua bahan inilalu tempelkan ke wajah yang berjerawat. Diamkan tempelan selama 15 menit lalu cuci dengan air bersih. Lakukan secara rutin sampai jerawat sembuh. Untuk mawar, jika susah mencari mawar segar asli coba beli saja ekstrak kelopak bunga mawar di toko kosmetik atau apotek.

Pelega pernafasan
Sebagai informasi, selain kandungan yang sudah tertera di atas, daun mint juga menandung menthol yang memebrikan efek menyegarkan untuk mulut dan pernafasan. Jadi dengan mengkonsumsi daun mint kitaa bisa membuat nafas jadi lebih baik.

Pencegah kanker
Zaman sekarang ini agak ngeri-ngeri sedap, banyak sekali orang yang terserang kanker yang sering kali berujung ke kematian. Masih mendingg langsung meninggal, ini pakai acara sakit-sakitan dlu dan menguras dompet. Daun mint mengandung anti oksidan, vitamin A, dan C yang baik sekali untuk menangkal kanker. Penangkal kankernya kece begini, mengapa tidak kita gunakan ya kan? :) Aku doakan kita selalu sehat dan dirahmati Allah, SWT. Aamiin

Meningkatkan nafsu makan
Mungkin bagi yang sedang dalam program diet akan ngeri dengan kalimat menambah nafsu makan. Tetapi untuk yang ingin menggemukkan badan sangat cocok dong ya.

Mengurangi stres
Entah mengapa aroma yang dikeluarkan daun mint dapat mengurangi tingkatan stres yangs edang dialami lho. Untuk yang sedang stres karena pekerjaan atau karena kuliah mungkin bisa mencoba menikmati aroma duan mint.

Mengatasi panas
Ini adalah sebuah informasi baru untuk kita semua. Daun mint ternyata dapat digunakan unutk pereda panas lho.

Menjaga kesehatan gigi
Daun mint mengandung senyawa anti inflamasi dan anti bakteri yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi kita.

Bagus untuk mata
Ini dia, karena  mengandung vitamin A otomatis si daun mint bagus untuk kesehatan mata kita.

Bagus untuk kekebealan tubuh
Vitamin C yang terkandung di daun mint bisa membantu kita menjaga kekebalan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit.

Nah, banyak kan manfaat yang bisa kita dapat dari daun mint? Jadi wajar kalau daun mint sering ditambahkan ke minuman.

Kalau tertarik menanam daun mint bisa dibaca di sini ya caranya:
Gampangnya menanam daun mint

21 comments:

  1. Eh iyaak daun mint ini enakk bgt selain buat tambahan minuman kaya teh gitu bisa buat pelega gitu sama pereda panas, tapi selain hal tersebut ada yang lain juga kaya buat mata, gigi, baru tahu :D

    ReplyDelete
  2. Woh banyak banget gunanya. Paling sering tahu daun mint buat campuran minum, permen sama sampo. Kalau di tempatku blm nemu tumbuhannya. Di kali ada yg mirip tp kayanya bkn mint

    ReplyDelete
  3. Lah, banyak juga manfaatnya ya. Kirain cuma untuk pernafasan sama aroma aja. Tapi, kadang-kadang mint suka divariasikan bukan pada tempatnya, coklat misalnya, coklat sama mint adalah sebuah kemunduran zaman :'(

    ReplyDelete
  4. Iya daun mint ini enak loh..
    Kemarin aku makan eskrim yang ada daun mintnya. Hasilnya lumayan mbak hehehhe
    Sip nanti mau coba tanam sendiri ah
    Banyak manfaatnya hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku biasanya pakai daun mint kalau badan udah ngedrop berat atau pengen relax. Langsung ke supermarket beli daun mint. Kalau enggak aku suka sedia teh papermint yang cuma aku minum saat-saat tertentu.
    Baru tahu kalau bisa jadi obat jerawat juga. Coba ah....

    ReplyDelete
  6. Daun mint memang mempunyai banyak banget khasiatnya ya kak. Saya pernah buat infuse water pake daun mint sebagai campurannya. Wow banget hasilnya jd lebih seger dan dingin kaya mint. Enak lagi rasanya seger

    ReplyDelete
  7. Ternyataaaaaaa banyak banget manfaatnya daun mint. Aku taunya cuma mempercantik tampilan sama pelega pernapasan. Yang lainnya bener-bener baru tau. Padahal daunnya mungil, tapi manfaatnya luar biasa. Bisa buat jerawat pula! Duh, masalah yang gak kunjung usai buat aku mah. :(

    ReplyDelete
  8. wah, baru tau kalau daun mint punya efek untuk mata ya. Tapi emang enakan di buat minuman bareng lemon gitu. Kalau buat kesehatan gigi, kan banyak tuh ya pasta gigi yang mengandung daun mint, dan suegeer

    ReplyDelete
  9. Wuiiii ternyata bisa menyembuhkan jerawat ya. Aih kok aku baru tau, kemana ajalah aku ini

    Aku dulu juga sering menduga-duga alasan chef2 pada pake daun mint. Ternyata...memang bikin seger dan fresh banget gituuu

    ReplyDelete
  10. Aku minum rejuve yang ada mintnya, seger sih, enak, cuma after taste nya kaya minum mouthwash wkwkwk. Ternyata banyak ya manfaat mint ini, baru tahu.

    ReplyDelete
  11. Kalau sedang makan di luar, aku sedang hobi banget pesen minuman Mojito leci.
    Hahha...syeggerr banget soalnya.
    ((ada sodanya siih...tapi juga ada daun mint nya yang bisa aku gigitin...enaak dan seggerr)).

    Tetangga aku sampai nanem...**rajin banget yaah???

    ReplyDelete
  12. ternyata daun mint nggak hanya ngeberi efek segar dan semriwing ya mbak, tetapi juga bisa buat obat jerawat dan pencegah kanker, ini asli baru tau.

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak juga manfaat daun mint ketika ditambahkan ke minuman, ya...
    saya kira hanya sebagai hiasan dan pemberi rasa segar saja, ternyata juga bisa mencegah kanker dan baik untuk menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  14. aku suka daun mint, biasanya bikin semacam es buah dgn campuran, air lemon, air soda, daun mint yg diiris, mangga, semangka.. mantap jiwa..

    atau bikin rujak kuah, leci, mangga, nanas, apel, daun mint, cabe rawit dan daun stevia.. ini jg mantap jiwa

    pokoknya daun mint ini aku banget.. sayang blm bisa nanemnya xixix ntar besok baca cara nanemnya deh di link yg paling bawah

    ReplyDelete
  15. Daun mint kalau ditaruh di dalam minuman memang sangat terasa aromanya. Menyengat.

    ReplyDelete
  16. Abis baca ini, baru inget kalo tadi siang minum minuman yg ada daun mintnya. :D

    dan emang enak.

    ReplyDelete
  17. Banyak sekali manfaat daun mint..Tp sayangnya untuk dapatkannya ga gampang...belum dijual di banyak tempat ya
    Ga semudah menemukan daun seledri

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES