Saturday, September 30, 2017

Resep Sambal Dencis Campur Unji

sambal dencis campur unji
Sambal Dencis Campur Unji
Tahu kan yang namanya unji? Aku belum tahu bahasa Indonesianya apa, karena masih jarang para koki yang menggukanan kata unji saat memasak. Kalaupun ada sepertinya mereka akan menggunakan istilah Sunda, akrena biasanya yang suka makan sayuran seperti ini adalah orang Sunda. Eh, benar kan ya? :)

Kalau di Bengkulu ya namanya unji. 

Bagaimana rasanya? Rasanya itu seperti lengkuas alias laos, aku sih suka. Biasanya di Bengkulu unji dijadikan campuran masakan santan, ayah paling suka ini. Tetapi saat pergi ke Desa suamiku di Sosokan Taba, Kepahiang aku menemukan olahan unji yang sedikit berbeda, sambal dencis campur unji. Ya, ini adalah makanan baru yang aku cicip dan fix harus dipraktekkan di rumah karena suami suka. Akhirnya pada tanggal 17 September kemarin aku membuat sambal dencis campur unji.

unji
Unji
Ceritanya pagi-pagi sudah pergi ke pasar cari unji, perjuangan sekali ini. Karena aku tuh dulu jarang sekali ke pasar pagi. Aku dan suami pergi ke Pasar Pagi Panorama, pasar pagi di hari kerja saja ramai, apalagi hari minggu kan ya. Jadi kemarin kami ke pasar dalam kondisi pasar sangat ramai. Sesampainya di pasar kami mencari unji terget, untung ada ibu-ibu penjual sayur yang terlihat menjualnya dan aku membeli 1/4 kg dengan harga Rp 5.000,-.

Bagi yang penasaran dengan unji, gambar di atas adalah penampakan unji. Ada yang tahu?  Okeh, kita lanjut ke resep ya, ini resep dencis campur unji ala Zefy.

unji potong
Irisan unji dan bawang

Bahan
1/4 kg unji potong-potong sesuai selera
1 kaleng dencis siap masak ukuran besar

Bumbu halus
Cabai merah 11 buah
Cabai rawit 7 buah
Bawang putih 2 buah
Bawang merah 2 buah
Seujung kuku kunyit

Bumbu iris
Bawang daun 1 batang

Cara masak
Tumis bumbu halus sampai harum
Masukkan unji dan bumbu iris
Tumis sampai harum
Masukkan dencis
Aduk sebentar

Okeh, selesai. Gampang kan ya, silahkan dicoba. Enak lho, yakin. Balik lagi ke unji, kalau di tempat kalian namanya apa? Aku masih penasaran dengan unji di daerah lain.

Baca juga: Mau sehat? Makan Telur dan Daging Ayam

35 comments:

  1. Honje bukan sih??? Aaahhh,, lupaa
    Bikin masakan wangi, tapi pedassss...

    ReplyDelete
  2. Honje bukan sih??? Aaahhh,, lupaa
    Bikin masakan wangi, tapi pedassss...

    ReplyDelete
  3. aiiiiih di tempatku nggak adaaaaa
    aku baru tau namanya
    juga baru tau bentuknya
    wujudnya cantik yaaa

    itu gimana sih rasanya?
    kalo rasanya kayak laos lengkuas kaaan, nggak bisa dimakan?
    eh gimana kak zef?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak kok, rasanya sedikit pedas gitu, mantab pkoknya hehe

      Delete
  4. rasanya gimana sih ini? Penasaran saya. Kapan ya k Bengkulu n cari masakan kayak gini. Jadi pengen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rsanya enak, one day alau ke Bengkulu cicip ya

      Delete
  5. Ohhh itu namanya unji ya. Taunya itu dimasukin di sayur santan aja dan baru tahu namanya. Terus Dencis apa lagi mbak?

    ReplyDelete
  6. Wah ini teh namanya kecombrang ya? XD

    ReplyDelete
  7. Kalau di Jawa, bunga itu tadi namanya bunga kecombrang. Sangat nikmat untuk dijadikan lalapan atau dijadikan salah satu bahan campuran dalam pecel. Rasanya nikmat dengan aroma yang Wangi..

    Jujur saja, membaca tulisan soal makanan terkadang membuat lapar, seperti sekarang, sepagi ini saya sudah lapar

    ReplyDelete
  8. Mirip bunga kala yaa kalau di aceh. Wangikan pas dimasak, apalagi dimasak dengan santan pakai pliek u makyoos

    ReplyDelete
  9. sekilas mirip jantung pisang ya kak heheheh lihat dari foto, kayanya enak, jadi lapar. wkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  10. Umami noh!
    Sayangnya unji itu ga ada di daerahku.
    Pengen cari ke foodmart dulu barangkali ada

    ReplyDelete
  11. Itu asam nggak? Kecombrang kali yaaaa... Dan well, udah lama banget nggak dengar istilah "dencis", hihiii... Btw ini makanan kalau beneran kecombrang kayaknya syeger bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii...ia ya, decis hihihiii...ia, agak asam dikit mbak

      Delete
  12. ini kecombrang aka honje kaaaan..... salah satu bumbu Indonesia yang mampu menghadirkan makanan enak. aku suka banget sambal kecombrang terasi. enak banget. Aku jadi kepengen masak kecombrang juga

    ReplyDelete
  13. kalo di aku namanya rombeh itu,seger. Mamaku jg suka campur rombeh ini sm sayur santan.

    ReplyDelete
  14. Unji Dencis, duh aku gak tau itu apa. Di tempatku blm pernah lihat Mbak. Kalau lihat sekilas Unji itu kaya jantung pisang yah

    Indonesia ternyata macem2 yg bs dibikin masakan

    ReplyDelete
  15. Ini kecombrang bukan sih? Honje/kecombrang. Aku juga suka bangettt.. Biasa dibikin sambal matah. Enakkk

    ReplyDelete
  16. wah sy baru tahu ini unji
    di padang malah ga pernah ketemu ini
    ga pernah masak ini
    tp liat warnanya spt nya enak hehehe

    ReplyDelete
  17. Ini apa sih? Aku kok nggak familiar sama fotonya, kukira malah bunga. 😂😂😂

    Aku penasaraaan. Ini bisa dimakan? Atau sekedar untuk bumbu kek laos gitu?

    ReplyDelete
  18. Setau saya itu honje. memang rasanya unik. Saya pernah ngerasain unji yang dicampur dengan pecel. Enaak,rasanya gak biasa.

    ReplyDelete
  19. Gilak ya cabenya. Melepuh lidahku keknya kalau berani makan itu. Hahahak. Tapi penasaran sih sama Unji. Kayak nama universitas gitu btw. Wkwk. Cobak, mbak. Icip doong. Kirim unji ke Solo!

    ReplyDelete
  20. Mmm...ga pernah tau kalo di Jawa ada makanan seperti Unji.
    Apa akunya yang kudet yaa??

    ((seriuuss, jadi penasaran...gimana rasanya kah??))

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang jarang mbak, jadi dimaklumi hehe

      Delete
  21. ku gatau itu namanya apa, rasanya gimana.


    Duhhh jadi laper kaan jam.segini dipamerin makanan :(


    Namanya unyu ya. Unji.... Hihi sambelnya duhh bikin mules.

    ReplyDelete
  22. Enak mah, rasa unik, tampilan asik..

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES