Friday, September 8, 2017

Resep Sate Padang ala Zefy

resep sate padang ala zefy
Sate Padang ala Zefy
Halo para koki dan penikmat makanan :)

Apa kabarnya nih? Dalam keadaan lapar atau kenyang nih? Yang jelas semoga kita semua dalam keadaan bahagia dan selalu beruntung, aamiin.

Seperti foto yang sudah nongkrong di atas, kita akan membahas tentang resep sate padang ala aku. ia, ala aku. Karena kan resep sate padang itu banyak sekali kan ya, nah yang ini resep ala aku yang sering dipraktekkan di keluarga. Sebagai informasi, aku tahu resep ini dari ibu. Kalau kata orang-orang sate buatan ibu top markotop lho, cobain deh kalau tidak percaya.

Yuk, masak dulu. Kita buktikan kalau sate padang ala aku itu memang enak heheheee

Kita masak untuk 1 kg daging ayam ya, nanti kalau mau memasak lebih atau kurang dari 1 kg bisa dikira-kira pengurangan atau tambahan bumbunya.


YANG HARUS DISIAPKAN
  1. 1 Kg daging (aku pake daging ayam)
  2. Tusuk sate
  3. 1/2 bungkus tepung beras 
  4. 2 liter air
  5. Lontong
Bumbu
  1. Kunyit halus 1 sdm
  2. Lengkuas (laos) halus 1 sdm
  3. Jahe halus 1 sdm
  4. Bawang putih halus 1
  5. Cabai rawit 2 sdm
  6. Kelapa sangrai  yang dihaluskan 1 sdm 
  7. 1 batang sereh
  8. 3 lembar daun jeruk
  9. 3 lembar daun salam
  10. 4 sdm kacang tanah giling kasar
  11. 1 sdm bumbu kambing atau nikma

Taburan
Bawang goreng

Tambahan
1 sdm garam kasar
Penyedap rasa (kalo mau)
Pewarna makanan (kalau mau). Kadang orang menggunkaan pewarna makanan agar lebih menarik, tetapi yakinlah kunyit yang kita masukkan ke bumbu adalah pewarna alami yang ok.

CARA MEMASAK KUAH SATE PADANG
  1. Iris dadu daging lalu tusukkan ke lidi yang telah disiapkan
  2. Tumis bumbu
  3. Didihkan air 0,5 liter air
  4. Campurkan 1,5 liter air dengan tepung beras, sisishkan
  5. Masukkan adonan tepung beras yang udah dicairkan ke air yang sudah dididihkan
  6. Masukkan bumbu yang sudah ditumis
  7. Msukkan juga kacang yang sudah digiling kasar
  8. Aduk sampai kental dan mendidih, jangan lupa kasi garam

Memanggang Sate
Ini agak lain nih, cara orang memanggang sate padang itu beda-beda lho. 

Cara 1: sebelum daging sate dipanggang, daging yang telah ditusuk dioles dengan bumbu yang telah ditumis

Cara 2: sebelum dipanggang daging dolesi dengan minyak yang telah ditumis bersama bawang merah dan bawang putih

Cara 3:mengolesi daging dengan pewarna kuning serta bayak lagi jenisnya.

Aku sudah mencoba ketiganya dan semuanya enak. Jika ingin mencoba silahkan pilih salah satu.

Silahkan mencoba yang mana yang disuka.

Info: Arang terbaik adalah arang kelapa, aromanya wangi. Untuk ukuran kematangan daging tergantung dengan peikmatnya. Ada yangs enang saat daging benar-benar masak, adapula yang suka dengan daging setengah masak.

Cara Penyajian

  1. Iriskan lontong ke dalam piring
  2. Ambil beberapa tusuk sate, celupkan ke dalam kuah sedikit lalu langsung taruh ke atas lontong
  3. Beri sate kuah sate secukupnya
  4. taburi bawang goreng
Siap makan :)
Bagaimana rasanya? enak kan? 
Kalau enak boleh sekali kalau mau kirimin ke rumahku.



34 comments:

  1. Sate padang ini memang ngangenin.
    Terutama bumbunya yang berbeda dari sate di Jawa.

    Sukaaa..

    Haturnuhun resepnya.

    ReplyDelete
  2. Jujur, belom pernah makan sate padang. haha. tapi memang tiap kali ada yg jualan sate padang, laris terus.. 😅

    bisa ini kali anak kost bikin satay~

    ReplyDelete
    Replies
    1. alaak, belum pernah makan sate padang? Itu adalah salah satu kenikmatan dunia mas heheheee....harus coba lho, bener

      Delete
  3. Nyam, jujur saya baru makan sate padang baru2 aja hehe.
    Trus jd seneng banget. Tapi penjualnya sellau lewat rmh kalau saya lagi masak, pas ngarep2 penjualnya gak lewat2 hahaha
    TFS resepnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, kalau pedagangnya ga lewat buat sendiri aja mbak :)

      Delete
  4. Wowwww. Baru ini nemuin homemade sate padang. Langsung aku save deh. Hahahahha. Semoga ada niat yg tulus untuk mengeksekusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehheee...aamiin, yakinlah niat tulus itu akan segera datang :D

      Delete
  5. Mbak, rajin banget ini bikin resep sate padang. Bumbunya emang beda ya dr sate biasa. Di rumah belum pernah bikin sate padang sih, jadi resep ini baru pertama kali aku tahu waktu baca postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, agak beda dengna sate madura. sate padang ini versi pedas. maklumlah makanan asal sumatera :D

      Delete
  6. Waahhhhh aku enggak pernah kepikiran buat sate padang sendiri. Di rumah enggak terlalu laku sih. Paling cuma aku sama adeku yang doyan. Biasanya jajan yang lewat. Aku punya tukang langganan dari jaman aku SMP sampai sudah hafal sekali kebiasaan aku yang enggak terlalu suka pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh......ornag-orang di rumah mbak Dian ga suka sate padang? maka berkuranglah salah satu kenikmatan dunia mereka ckkckckckkckck

      Delete
  7. Langsung aku bookmark!
    Sebetulnya seingatku aku belom pernah makan sate padang deh, seringnya sih makan di rumah makan padang aja. Itu pun dengan lauk andalan kalo enggak rendang ya, ayam bakar😂


    Tapi liat ini aku jadi tergerak pengin coba buat juga deh nanti kapan-kapan di rumah. Semoga aku ada niat, dan ketika eksekusi pun enggak gagal dan enak.

    Eh, iya, tapi aku kudu beli sate padang di abang2 dulu biar aku tau perbandingan rasanya. Jadi aku tau apa aku berhasil atau gak ketika nyoba bikin nanti😂


    Makasih loh mbak resepnya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun mbak, seriusan belum pernah? hayuk mbak dicoba, sumpah ini enak banget lho

      Delete
  8. Sate padang memang enak banget. Alhamdulillah pernah nyoba waktu di Jakarta. Kalau dari resep ini, sekilas sama seperti sate ayam di Jawa. bedanya di olesan dan tambahan tepung beras. memang bumbunya jadi kental seperti diberi tepung.

    Btw, makasih resepnya ya. Keep dulu, siapa tahu pengen bikin.

    ReplyDelete
  9. uwaaaaw pake kunyit lengkuas jahe sereh duh lah lengkap baaangeeet

    recommended ini pastinya yaaa

    duh lah apalah daku yang bumbu satenya pake bumbu kacang = kecap. nggak ada tuh jahe-jahean, kunyit2an. makanya sampai sekarang masih belum bisa membedakan
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, ini memang pake bumbu lengkap mba :)

      hehhee...

      Delete
  10. Wahh salah waktu banget nih aku baca tulisan ini ...
    Jam segini lagi lapar2nya..

    Terima Kasih atas resep satenya mbak, siapa tau bisa jadi ilmu buat direkomendasikan kepada ibuku yg doyan masak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah jam mas? hahhaaa

      ga apa2, kan tinggal buat

      Delete
  11. SATE PADANG!!! Melihat resep ini disertai fotonya, entah kenapa tiba-tiba aku merasa kembali tergoda untuk makan sate padang lagi yah? Aku suka tuh sate Padang, apalagi jika ada tambahan bawang goreng, uuuuuuhhhh... benar-benar meresap di lidah ini.

    Mungkin, jika ada waktu, bisa nih dicoba bikin. Ingat ya, jika ada waktu. Mungkin, tidak baik jika disertai penyedap rasa dan pewarna buatan. Alami saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya memang lebih baik alami, kalau tidak suka bisa kok tanpa itu :)

      Delete
  12. makanan lezat banget nih. Tetapi, kayanya rada susah untuk membuatnya dan bahan bahan yang harus disiapkan pun juga banyak. Akhirnya saya beli terus deh makanan tersebut. Tapi, pengen coba sih makanan tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli juga gapapa

      eh tapi mas, masak sesekali ok lho

      Delete
  13. aku jarang sih buat sate sendiri tapi kalau makan sate sih sering. Tapi kalau buat sate pernah, biasanya tahun baru sih sembari bakar jagung ma sosis, lumayanlah dapet resep nih

    ReplyDelete
  14. Lidahku udah tertambat sama sate madura. Susah sekali merasakan kenikmatan sate padang karena tone-nya bener-bener beda. Maafkan aku sate padaaang.. Enak juga sih sebetulnya, tapi mulai lebih dari 2 tusuk gitu udah gak cocok di lidah. Duh. Untung saja pas aku beli dulu itu ada porsi setengah hahaha. Jadi nggak begitu mblenger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee...memang berbeda, sate madura kan versi manis sedangkan sate padang itu versi pedas. perbedaan itu indah kkan mas hehee

      Delete
  15. Ohh.. kuah sate Padang tuh pake tepung beras, ya. Jadi pasti beda banget sama sate Madura atau lainnya. Belum pernah coba, sih. Tapi suamiku pasti penasaran pengen bikin nih kalo aku kasih tau resep ini. Soalnya dia suka nyateeee... hihihi. Makasih ya Mbak share ilmu nyatenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup

      peke tepung beras, biar ngental gitu

      hu um, sama-sama

      Delete
  16. Jam 23.10 dong lihat blog ini. Pas perut lagi laper2nya. 😭😭😭😭


    Aahhh... Mau tepadang!

    ReplyDelete
  17. Malem" liat postingan sate padang. Ini aku jadi laper banget :( huhuhu...
    Aku gak bisa masak, apalagi masak sate. Ibu juga gak pernah masak sate, katanya ribet, karena harus siapin panggangan atau arang. Jadi, aku termasuk yang jarang makan sate sekalipun lagi iduladha huhuhu :(
    Mau mbak... Laperrrr!!!

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES