Monday, October 2, 2017

MAU CERDAS DAN SEHAT? MAKAN TELUR DAN AYAM YUK

telur dan ayam
Telur dan ayam

Kalian mau cerdas dan sehat? Iya? Kalau jawabannya iya maka caranya ternyata sangat mudah. Kita bisa cerdas dan sehat dengan makan telur dan ayam, kok bisa? Iya bisa. Dari hasil mencari informasi mengenai telur dan ayam, ternyata benar bahwa telur dan ayam bisa membantu kita menjadi cerdas dan sehat. Hal ini juga yang menjadi tema di Hari Ayam dan Telur Nasional tahun ini. Yuk kita bhas tentang telur dan ayam.

Telur
Telur
Olahan telur sangat mudah kita temui di Indonesia, olahan telur sering kita temukan disajikan bersama nasi goreng, disajikan bersama mie, disajikan bersama nasi putih, atau disajikan bersama roti. Olahan telur juga macam-macam. Ada telur ceplok alias mata sapi, telur dadar, telur sambal cabai hijau, telur santan, dan lain sebagainya. Ada juga yang menggunakan telur sebagai ganti sarapan pagi. Bisa dikatakan kalau kita dapat menemukan olahan telur dimana-mana. Tetapi adakah yang sadar bahwa telur mengandung banyak sekali kebaikan?

1. Telur mengandung vitamin A, Zeaxanthin dan Leutin yang bagus untuk mata
Vitamin A, zeaxanthin dan leutin sangat kita butuhkan untuk mata. Mata yangs ehat mendukung kita untuk melakukan segala sesuatunya dengan baik kan ya.

2. Telur kaya protein yang bagus untuk tubuh
Ini adalah hal yang sangat penting. Telur itu kaya akan protein yang berfungsi sebagai pemelihara sel tubuh, pembentuk janin, mendukung metabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh. Bayangkan sehatnya kita jika kita makan telur.

3. Telur mengandung vitamin B dan folat yang bagus untuk perkembangan otak
Salah satu alasan yang membuat telur menjadi pilihan bagus untuk cerdas dan sehat adalah telur mengandung vitamin B dan folat yang bagus untuk perkembangan otak. Otak yang berkembang baik tentu akan berpengaruh dengan kecerdasan anak.

4. Telur mengandung zat besi, vitamin E, vitamin K, kalsium, zync, dan mineral
Semua kandungan pada ppoint 4 ini sangat bagus untuk tulang kita, bayangkan kalau tulang kita tidak sehat. Semua pekerjaan akan terasa tidak enak.

5. Telur meningkatkan kolesterol baik
Kalau mendengar kata kolesterol itu bawaannya negatif terus deh. Ingat, kolesterol itu ada yang baik yang bagu untuk tubuh kita. Dan kolesterol baik itu salah satunya ada pada telur.

6. Telur dapat meningkatkan kesehatan tulang, rambut dan kuku
Selain baik untuk tulang seperti dibahas pada point 4 di atas, telur juga bagus untuk pertumbuhan rambut dan kuku.

7. Telur bagus untuk pembentukan otot
kandungan protein yang tinggi serta kandungan0kandungan lain pada telur sangat bagus untuk pembentukan otot. Itulah mengapa banyak binaragawan yang mengkonsumsi telur secara rutin, itu bagus untuk pembentukan otot.

8. Telur mengandung selenium yang bagus untuk kekebalan tubuh
Untuk selalu sehat kita memerlukan perlindungan tubuh yang baik. Sistem kekebalan tubuh yang kurang baik akan mengakibatkan kita mudah terserang penyakit. Telur mengandung silenium yang sangat bagus untuk kekebalan tubuh.

9. Telur bagus untuk mempercepat penyembuhan luka, penderita tulang dan kemoterapi
Bagi yang sedang menderita luka, penderita tulang dan sedang menjalani kemoterapi sangat bagus mengkonsumsi telur. Karena telur baik untuk mempercepat penyembuhan. Itu juga mengapa orang yang baru sudah melahirkan dianjurkan untuk mengkonsumsi telur.

10. Telur sebagai sumber tenaga
Telur adalah sumber tenaga yang baik untuk tubuh. Semua kandungan baik di dalamnya memungkinkan kita menjadikan telur sebagai sumber tenaga. Jadi tidak heran kalau banyak orang menjadikan telur sebagai menu wajib sarapan pagi.

11. Telur merupakan pasokan makanan rendah kalori
Ada yang takut dengan kalori tinggi? Aman, telur merupakan makanan rendah kalori.

12. Telur itu bebas lemak
Kabar baik untuk yang takut dengan lemak alias diet. Telur teryata bebas lemak, jadi jangan takut gemuk karena makan telur.


Oh iya, semakin lama telur disimpan maka semakin berkurang kualitasnya. Ini berpengaruh dengan kandungan gizinya. jadi sebaiknya selalu konsumsi telur yang belum lama disimpan agar kandungan telur masih bagus.

Sangat banyak ya kebaikan di dalam telur yang sudah kita bahas. Kita lanjut dengan ayam.


Ayam

Mengapa ayam baik untuk dikonsumsi?

1. Mencegah anemia dengan zat besi tinggi
Seperti telur yang mengandung zat besi, ayam juga mengandung zat besi tinggi. Jadi buat penderita anemia, mengkonsumsi ayam sangat baik.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan kandungan mineralnya
Ayam kaya akan mineral baik. Kandungan mineral ini sangat bagus untuk kekebalan tubuh.

3. Mempertahankan keseimbangan kolesterol dengan zat niacin
Ayam mengandung zat niacain. Sebagai informasi, zat niacin sangat bagus untuk mempertahankan keseimbangan kolesterol tubuh.

4. Memperkuat tulang dengan kandungan kalsiumnya
Daging ayam megandung kalsium yang baik untuk tulang. Seperti kita ketahui bahwa tulang memerlukan kalsium sebagai nutrisi agar tetap berfungsi dengan baik.

5. Bagus untuk tumbuh kembang anak


6. Meningkatkan nafsu makan
Daging ayam selalu enak untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan. Makanan yang enak tentu akan meningkatkan nafsu makan. Hal ini baik untuk mencegah tidak nafsu makan yang tidak baik untuk kondisi tubuh.

7. Penghilang stres dari vitamin B5
Siapa sangka daging ayam ternyata mengandung vitamin B5 yang baik untuk penghilang stres.

8. Meningkatkan sistem imun dengan vitamin dan mineralnya
Ayam mengandung vitamin dan mineral yang ternyata bisa meningkatkan sistem imun tubuh kita.

9. Memperlancar metabolisme tubuh dengan vitamin B kompleks
Siapa yang tidak kenal vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks diperlukan tubuh untuk memperlancar metabolisme tubuh. Itulah mengapa kalau seseorang terganggu metabolismenya sering disarankan untuk minum vitamin B kompleks.

10. Mencegah kanker dengan zat niacin
Tahukah kalian kalau ternyata ayam mengandung zat niacin. Zat niacin sangat bagus untuk mencegah kanker.

11. Menambah massa otot
Kandungan protein di dalam ayam dapat meningkatkan massa otot tubuh. Jadi ingat dengan seorang teman yang ingin meningkatkan massa ototnya, dia dianjurkan oleh seorang guru fitnes untuk makan daging ayam.

12. Sebagai sumber pembangun tubuh
Berbagai kandungan baik pada ayam adalah sumber pembangun tubuh yang baik. Masih ragu makan ayam?

13. Menjaga kesehatan gigi dengan fosfor
Ayam juga mengandung fosfor yang bagus untuk gigi. Sering lihat kan iklan penguat tulang yang menggembar gemborkan kandungan fosfor pada produk mereka? Sebenarnya kita bisa mendapatkan fosfor paket lengkap dengan makan ayam.

Baik sekali kan mengkonsumsi ayam? Iya. Tidak ada lagi alasan kita untuk tidak makan ayam.

Oh ia, aku juga ada juga cerita tentang resep cerdas dengan makan telur.

Resep rahasia anak cerdas dengan telur

Dulu kami pernah bertetangga dengan sebuah keluarga yang terkenal cerdas. Turun-temurun mereka memang bisa dibilang mantap lah. Suatu saat ibu memiliki kesempatan ngobrol dengan nyonya dari keluarga cerdas tersebut, dia sedang menyuapi anaknya dengan sesuatu. Ibu pun bertanya apa yang diberikan kepada anaknya tersebut. Ternyata dia memberikan anaknya campuran kuning telur dari ayam kampung yang sudah dicampur dengan madu. Ibu menanyakan apa kegunaannya, lalu ia bercerita bahwa itulah rahasia cerdas keluarganya. Katanya belajar dan berusaha untuk cerdas itu penting tetapi otak kita memerlukan nutrisi yang bagus untuk itu. Jadi sejak kecil anak diberi campuran kuning telur ayam kampung dan madu sebagai nutrisi otaknya  seminggu sekali.

Jadi jelas kan kalau telur dan ayam bisa membuat kita jadi cerdas dan sehat? Ya, jelas sekali.

"Makan telur dan ayam yuk"

3 comments:

  1. Anak kost jadi sehat dong, sering mkn telur ..

    ReplyDelete
  2. mantap....biasanya kuliner gratis kyk gini enak pas lagi gaming atau otak-atik html plus kopi. lirik-lirik facebook orang hehehehe....

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES