Wednesday, October 18, 2017

Sedapnya gulai gurita

Makan Gulai Gurita

Minggu kemarin ikut suami jalan ke kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara. Sebenarnya suami pergi ke sana dalam rangka urusan kerja, tetapi karena kahir minggu aku jadi ikutan. Maklumah, istri takut tidak sama-sama suami saat akhir minggu. Takut kangen, eaaaaa.

kalau ke Argamakmur bisa dipastikan bahwa kami kemungkinan besar mampir ke rumah mas Timor dan mbak Andra. Mereka rumahnya dekat dengan lokasi kerja suami, mereka juga supel sekali. Jadi kalau ke Argamakmur rugi tidak ammpir ke sana. Kalau kita bertamu ke rumah handai tolan apa yang biasanya terjadi? Iyup, benar. Kami dibuatkan teh, disuguhi kue dan pada jam makan siang diajak makan. 

Sebenarnya aku belum lapar saat ditawari makan oleh mbak Andra, karena kami makan lontong tunjang di warung sebelum berangkat ke Argamakmur. Bengkulu - Argamakmur kan isa ditemuph hanya dalam waktu 1,5 jam. Jadi perutku masih berasa penuh. Tetapi mbak andra promosi sajian yang ia tawarkan kepada kami. Dia bilang kalau hari ini di meja makan sudah tersedia gulai gurita, guritanya langsung didatangkan dari Kabupaten Kaur. Sebagai informasi, Kaur adalah daerah penghasil gurita di Bengkulu. Ini adalah tawaran langka, aku memilih makan :D

Ditemani kerupuk dan nasi putih kalian bisa membayangka betapa nikmatnya makan siang kami akhir minggu kemarin. Apalagi kalau makannya saat perut benar-benar lapar, beh....mertua lewat tidak kelihatan bro. Gurita yang aku makan jauh dari kenyal-kenyal alot yang biasanya dirasakan kalau makan gurita. Gurita yang aku makan lembut sekali, bumbunya juga pas. Mantablah pokoknya. Ada sesuatu yang ditambahkan mbak Andra saat masak gulai gurita yang membuat gulai ini semakin mantab, petai. Gulai gurita yang kami makan banyak petainya, sedapnya.

Bagi yang ingin mencoba guai gurita boleh mencoba resep berikut.

Resep Gulai Gurita

Bahan utama
1/2 kg gurita kering

Bumbu halus
11 buah cabai merah
3 cm lengkuas
1 cm kunyit
1 cm jahe
3 buah bawang merah
2 buah bawang puitih
1/2 sendok ketumbar halus

Bumbu kasar
1 batang serai digeprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Penikmat
2 papan petai, dikupas

Tambahan
Santan 100 ml
Air  putih 1 gelas
1 buah tomat apel iris
1 batang bawang daun iris
Garam dan penyedap secukupnya

Cara memasak
  1. Potong-potong gurita kering, cuci lalu rebus hingga lembut. Setelah lembut tiriskan lalu sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dan kasar sampai harum
  3. Masukkan gurita
  4. Tumis sebentar
  5. Masukkan air dan santan
  6. Tunggu sampai mendidih, sabil sesekali diaduk
  7. Masukkan petai, tomat dan bawang daun
  8. Tunggu sekitar 5 menit
  9. Masukkan garam dan penyedap sesuai selera
  10. Angkat dan sajikan
Gampang kan ya, selamat mencoba


27 comments:

  1. Note kak ze, nanti pas ada bahan di eksekusi resepnya hahahah

    ReplyDelete
  2. Aduh kenapa seafood selalu menggoda yaa wkwkwk. Ntar klo ada bahannya mau cobain deh hehe

    ReplyDelete
  3. kapan nih sesi icip icip nya bu wkwkkw, biar saya aja, gratis kok gak usah diendors hahaha

    ReplyDelete
  4. Di sini banyak gurita, Mbak. tapi Intan dak pernah beli. Dak bisa masaknyo hahaa

    ReplyDelete
  5. Kalo mau belajar masak, cocok banget sama mbak Zefy nih.. ^^

    ReplyDelete
  6. Siapp dicatat mba resepnya.. sepertinya enak banget tuuh.. semoga istri baca tulisan mba dan nanti dicoba masak gulai guritanya

    ReplyDelete
  7. aku dulu sempat under estimate sama gurita, kirain rasanya bakalan aneh, kenyal-kenyal gimana gitu. ternyata aku salahhh... paernah makan gurita di masak tumis pedas gitu, enak banget hihihi

    ReplyDelete
  8. wow.... gulai guritaaaaa..... klo jaman sekaramg biasanya dijadiin isian okonomiyaki yak. ini dibuat gulai. pasti sedap banget rasanya. pedes, gurih dan sedep banget! duh... nasi panas mana nih

    ReplyDelete
  9. Sebagai anak kost, aku merasa khawatir. tapi boleh ini resepnya ku kasih ke Bunda. hehe

    ReplyDelete
  10. pada dasarnya bahan bahannya sama dengan membuat gulai biasa ya mba? tetapi, disini daging sapinya atau kambing diubah menjadi daging gurita. mantab dan lezat pasti nih

    ReplyDelete
  11. Eh...baru tau ada gulai gurita.
    Terbayang kelezatannya...mashaAllah, bikin lapaarrr.

    Aku fans seafood ((meskipun ga garis keras))

    ReplyDelete
  12. Ga pernah makan gurita.., yg ada di jual paling cumi2..

    Tapi resepnya oke... Guritanya ganti sama cumi apa ikan..

    ReplyDelete
  13. Aku paling makan cumi sama sodaranya yg agak bulet itu. Kalau guritabrlum

    Keliatan sedap kalau digulai. Aku biasanya tumis manis pedas aja sih

    ReplyDelete
  14. lezatnya gulai gurita. kalau di aceh ditambah lagi pake asam sunti mbak, belimbing wuluh yang dikeringkan. terus disini gurita juga dijadikan sate, kuahnya pake bumbu kacang atau bumbu padang. enaak

    ReplyDelete
  15. Ndak suka gurita, dan teman-temannya. Gak begitu ngiler bacanya jadinya. Apalagi ada tambahan petai :-)

    ReplyDelete
  16. Wah, gimana tuh rasanya gurita? Belum pernah nyobain. Gak tau kenapa setiap liat postingan tentang makanan bawaannya laper. HAHAHA.

    Rasanya kayak hewan laut lainnya kah? Apa beda, nih? MAKANANNYA YANG PENTING GAUL!

    SALAM UPIL GAUL!

    ReplyDelete
  17. Sukak banget sama guritaaaa, enaaaa :( boleh juga nih resepnya, hmm jadi ngebayangin sama nasi putih mengepul sama sambal duh ngiler

    ReplyDelete
  18. Sy blm pernah makan gurita
    Cuma makan cumi
    Rasanya mungkin mirip ya
    Selain di gulai, di oseng saos tiram pake petai jg enak tuh

    ReplyDelete
  19. wih gulai gurita? kayaknya aku belum pernah nich makan gurita kayaknya enak banget. Wah dicatet nich enak

    ReplyDelete
  20. Gulai gurita ini enak banget ya Allahu akbar. Sayang bersantan. Kalau gak pakai santai kira2 diganti apa ya?

    ReplyDelete
  21. dooh jadi ngiler liatnya mbak. tapi kalau ntar aku praktekkin di rumah kayaknya bakal nggak pakek penikmat deh, soalnya nggak suka petai :D

    ReplyDelete
  22. wah asikk ada resepnya juga, bisa nyobain bikin juga nih tapi aku bingung beli guritanya kira2 di mana ya mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pasar ikan ada kok mba, atau kalau untuk gurita kering coba cari online mba :)

      Delete
  23. Enakkk... kalo misal pete diganti sama jengkol gimana ya..?? balamce ga kira-kira..?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga dicoba, jangan-jangan enakan jengkol lagi

      Delete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES