Monday, November 27, 2017

Pisang Curup Bengkulu

pisang curup
Pisang Curup

Setelah kita kemarin membahas tentang jeruk gerga dan jeruk kalamansi sebagai salah satu produk unggulan Provinsi Bengkulu. Kali ini kita akan ulas sedikit info tentang "Pisang Curup", salah satu buah kesukaan di rumah kami.

Pisang Curup

Mengapa disebut Pisang Curup? Itu karena pisang ini adalah pisang yang tumbuh dan berkembang dengan baik di Kabupaten Rejang Lebong (Curup). Bisa memang tumbuh dan berkembang di daerah lain, tetapi entah mengapa biasanya buah yang dihasilkan akan sedikit berbeda. Kami pernah menanam pisang Curup di Kota Bengkulu. Batang pisang tumbuh subur, buahnya membengkak. Iya lho, buahnya besar-besar sekali. Tapi eh tapi, buah yang dihasilkan tidak seharum dan semanis pisang Curup yang ditanam di Rejang Lebong.

Secara bentuk sebenarnya pisang curup mirip dengan pisang ambon, bedanya pisang Curup biasanya sedikit lebih kecil dibanding pisang Ambon. Tetapi soal rasa jangan diragukan lagi kawan, pisang ini rasaya manis dan aromanya khas. 

Pisang Curup bisa kita temui dijual di pasar-pasar, tempat buah dan tempat oleh-oleh di jalan lintas Bengkulu-Curup. Jika banyak pisang bergelantungan di daerah Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang itu biasanya adalah pisang Curup, kita bisa menanyakan kepada para penjual jika ragu.

Pisang ini dibandrol dengan harga Rp 5.000,- sampai Rp 25.000,- per sisirnya. Tergantung dari besar sisir pisang yang dijual, murah kan? Kalau kami di rumah lebih sering membeli yang kisaran harga Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- per sisir karena pas dengan keluarga. Kalau sisirnya besar kan artinya buah pisangnya banyak sayang kalau nanti membusuk kalau lambat habis.

Kandungan buah pisang Curup

Sama seperti pisang-pisang lain, pisang Curup mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Per 100 gram pisang menandung:
300 IU vitamin A
100 mg vitamin B (B1, B2, B6 dan B12)
100 mg kalsium

Pisang juga mengandung:
Vitamin D
Vitamin Z
Fosfor 
Besi
Sodium
Kalium
Magnesium
Seng

Banyak seklai kan ya kandungan dalam buah pisang yang baik untuk tubuh kita. Sayang sekali kalau kita tidak suka makan pisang. 

Pisang baik untuk ibu hamil

Kandungan gizi dan asam folat yang banyak dalam pisang membuat pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti kita ketahui kalau asam folat baik untuk pertumuhan dedek bayi di dalam kandungan. Ayo ibu hamil, jangan malas makan pisang ya.

Pisang cepat dicerna

Oh iya, kalian sadar atau tidak kalau para atlit sering mengkonsumsi pisang jika mereka butuh energi sedangkan waktu mereka tidak banyak? Hal ini dilakukan karena pisang cepat dicerna dibandingkan makanan berat seperti nasi dan roti. 

Aku ingat waktu dulu pernah ikutan aikido, Sensei selalu mengingatkan kami untuk tidak mengkonsumsi makanan berat seperti nasi (apalagi banyak) sebelum latihan. Karena nasi membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna, jika benar-benar lapar dan butuh energi maka akan lebih baik kami mengkonsumsi pisang serta minum cukup air. 

Segudang manfaat yang dikandung oleh pisang termasuk pisang Curup cukup menjadi alasaan kita untuk mencintai pisang Curup. Kalau main ke Bengkulu jangan lupa cicip pisang Curup ya, enak dan bergizi lho, harganya juga bersahabat dengan kantong. 

Makan pisang Curup yuk :)

20 comments:

  1. Saya juga disarankan seperti itu mba, oleh sempai saat latihan Karate. Kl lapar saat mau latihan baiknya makan pisang aja katanya.

    ReplyDelete
  2. menarik nih beragam info bengkulu dari Zefy nih kalau berkunjung ke blog ini. Belum penah ke Bengkulu jadi suka info2.

    ReplyDelete
  3. Ini bisa dimakan begitu saja kan, ga perlu diolah? Aku suka banget makan pisang. Enggak pernah tahu tapi jenis-jenis pisang. Cuma tahu makannya, terus begitu abis minta nambah. hehehe

    ReplyDelete
  4. Oh jadi itu alasan kenapa atlet yang mau bertanding biasanya dikasih cemilan pisang bukan nasi padang­čśů
    Ah jadi pengen ngincip pisang curup. Tapi di jawa kayaknya ga ada ya..

    ReplyDelete
  5. Aah iyaa, kalo olahraga emang dianjurin makan pisang aja entah sebelum atau setelahnya, enak sih cepet buat balikin energi juga, pisang dibikin jus juga enaaaak :3

    ReplyDelete
  6. Betul bgt mbak, bagi para atlet, pisang dijadikan andalan utk mensuplai energi dan tenaga tambahan di waktu jeda pertandingan.

    Dulu ketika pertandingan voli pun sama, ketika istirahat kami tidak langsung makan besar, tapi sama pelatih langsung dikasih beberapa sisir pisang utk kami santap guna menambah energi..

    Pisang memang baik utk penambah tenaga, dan para ilmuwan pun sudah membuktikan nya

    ReplyDelete
  7. Kedoyanan suami saya ini hihi.. tapi belum pernah coba pisang curup. mudah-mudahan nanti bisa coba yaa

    ReplyDelete
  8. Pisang adalah buah favoritku. Bisa diolah jadi banyak makanan bahkan minuman.
    Trus bagus juga buat maag gtu.
    Anak2ku kebetulan suka pisang. Jd kalau kami jalan jauh mesti bawa pisang hehe.
    Baru tau ada varietas pisang Curup Bengkulu TFS

    ReplyDelete
  9. Anak-anakku penggemar pisang karena aku sering malas kupas buah-buaha, pisang tuh praktis banget dan harganya terjangkau, pisang curup besar-besar yah bikin kenyang

    ReplyDelete
  10. Apa karena struktur tanahnya ya? Di tanam di tempat yang berbeda, beda rasanya. jadi kalau mau menikmati pisang curup, harus langsung dari Kota Curup ya ...
    Kayaknya anak bungsu saya, bakalan bisa ngehabisin satu sisir hihihi ...dia suka sekali sama pisang.

    ReplyDelete
  11. Eh iya ya mirip banget sama pisang ambon. Kalo aku ketemu mungkin ku kira juga pisang ambon. Jadi penasaran deh pasti khas banget ya

    ReplyDelete
  12. wah gue suka banget sama pisang, dan baru tau dengan pisang jenis ini. heheheheh. besok coba cari ah di pasar.

    ReplyDelete
  13. Bearti pisangnya ngga bisa tumbuh ditempat lain. Nanti namanya berubah ya kak. Klo aku makan pisang buat diet hihihi. Lumayan bisa turun 2 - 3 kilo dalam 2 minggu

    ReplyDelete
  14. Aku kalau pisang yg sizenya gedhe2 krg suka Mbak. Kecuali kalau dibuat kolak, kan dipotong gitu. Kalau yg dimakan langsung sukanya pisang SOBO. Entah apa bahasa indonesianya

    ReplyDelete
  15. Aku suka sm bahasan dr ide2 yg ada disekitar kita,aku kok gak kepikiran ya mbak. Info baru buat aku klo pisang lebih cepat dicerna dr pd nasi, ahh kudet memang aku. Thanks info ttg pisang curupnya ya.

    ReplyDelete
  16. Setuju nih! Aku masih ingat waktu itu ortuku pernah bilang kalo pisang itu juga bisa menambah daya ingat. Woh, tentunya jadi ingin coba. Lagian, pisang so far jadi buah favoritku setelah jambu, mangga, pepaya dan alpukat.

    ReplyDelete
  17. Pisang bagus juga buat jantungg..
    Iya pisangnya gede kaya pisang ambonn yahh jadi penasaran sama rasanya

    ReplyDelete
  18. wah aku baru tahu ada yang namanya pisang curup, maklum belum pernah ke Bengkulu, hehe. Iya pisang memang buah yang penuh energi dan manfaat ya

    ReplyDelete
  19. Asik mau dikirim kiran nya ini hehhe

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES