Thursday, November 16, 2017

Produk Unggulan Provinsi Bengkulu

pisang curup


Produk Unggulan Bengkulu

Bengkulu memiliki banyak program prioritas untuk mempercepat kemajuannya. Sebagai info, salah satu program perioritas Provinsi Bengkulu saat ini adalah "PENGUATAN KOMODITAS UNGGULAN AGRO-MARITIM DAN HILIRISASI". Oleh sebab itu, kebijakan dan program yang dilakukan meliputi intensifikasi dan diversifikasi produk unggulan Agro-Maritim. Seperti pengembangan tanaman unggulan dan pengembangan perikanan budi daya.

Telah ditetapkan bahwa Bengkulu mengunggulkan 4 produk. Produk ini berupa hasil pertanian dan hasil tambak yang sangat berpotensi. Berikut 4 produk unggulan provinsi Bengkulu:

Jeruk Gerga adalah salah satu hasil pertanian unggulan Provinsi Bengkulu dan telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya.

Jeruk Gerga memiliki bentuk yang berbeda dari jerus manis pada umumnya. Kulitnya agak tebal, memiliki tekstur dan warna orange menyala seperti jeruk Mandarin. Jeruk gerga buahnya besar-besar. Dalam 1 kg bisa terdiri dari hanya 3 buah jeruk gerga.

Jeruk yang banyak ditemukan di Kabupaten Lebong ini memiliki aroma dan rasa yang khas.

Jeruk Kalamansi menjadi salah satu produk unggulan Provinsi Bengkulu karena tingginya daya jual dan cepatnya masa produksi buah.

Jeruk Kalamansi memilki masa produksi buah yang terbilang cepat, yaitu enam bulan setelah masa tanam. 

Permulaan gerakan budidaya jeruk Kalamansi ini ditandai dengan pencanangan gerakan “Satu Desa Satu Produk” oleh Wakil Presiden Boediono pada tahun 2009.

Plt Gubernur Bengkulu pada salah satu kesempatan secara khusus pernah meminta warga Kelurahan Padang Serai Kota Bengkulu untuk menanam Jeruk Kalamansi disepanjang depan rumah masing-masing, saat kelurahan tersebut diresmikan menjadu kampung digital Jeruk Kalamansi. 

Jeruk Kalamansi juga merupakan salah satu produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu dan telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya.

(3) Pisang Curup
Oisang Curup adalah pisang yang banyak diproduksi di Kabupaten Rejang Lebong. Pisang sejenis pisang ambon ini banyak diminati pecinta pisang, karena memiliki rasa manis dan aroma yang khas.

Pisang Curup salah satu produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu yang telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya ini, umumnya banyak dijual di jalan lintas Bengkulu-Sumatera Selatan dan banyak diminati luar daerah Bengkulu sebagai oleh-oleh.

(4) Udang Vaname
Provinsi Bengkulu memiliki wilayah kelautan dan perikanan yang potensial. Termasuk potensi budidaya udang vaname yang terletak di Bengkulu Tengah dan sebagian daerah lainnya.

Meski pengembangan produk unggulan Udang Vaname belum tergarap dengan baik. Namun hal tersebut memiliki potensi yang sangat besar.

Udang Vaname sebagai salah satu produk unggulan sektor maritim/perikanan Provinsi Bengkulu dari sisi kualitas tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya. 

Hanya saja persoalan distribusi dan perluasan pasar masih terbilang lemah. Termasuk pembangunan sentra-sentra produk Agro-Maritim serta terminal agribisnis.

Jika kegiatan tambak udang diberdayakan dengan baik, maka industri pengolahan udang segar siap ekspor akan tumbuh di Bengkulu.

Untuk pembahasan mengenai produk nggulan Bengkulu yang menarik ini akan kita bahas di postingan selanjutnya.

Baca juga Serunya Makan Rebus Biji Durian

2 comments:

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES