Friday, January 26, 2018

7 Tips Liburan ke Raja Ampat

raja ampat
Raja Ampat
Sumber Foto: pixabay.com
It’s about Raja Ampat broo…..siapa coba yang tidak jatuh cinta denna keindahan alam Raja Ampat. Aku rasa semuanya akan jatuh cinta sejak pertama kali tahu tentang Raja Ampat, pemadangan alamya memang juara. Tak terkecuali aku, aku tuh dari dulu sudah membayangkan betapa bahagianya kalau bisa liburan ke Raja Ampat sambil kulineran di sana. Yups…..rugi dong kalau pergi ke suatu daerah dan tidak mencicipi makanan khas mereka di sana.


Seperti gambar berikut nih. Aku lihat beberapa saat yang lalu di dunia maya, katanya ini salah satu makanan yang ada di Raja Ampat. Penasaran kan jadinya. Pokoknya harus ke Raja Ampat dan kulineran di sana, hu um. Satu hal yang pasti, sebelum berangkat ke sana kita harus mengetahui dulu 7 tips liburan ke Raja Ampat.

Makanan Khas Raja Ampat
SUmber Foto: keindahanwisatarajamapat.blogspot.com

Oh iya, seperti yang Papuaparadise.com tulisakan dan kita semua tahu bahwa keindahan Raja Ampat di Papua Barat sudah terkenal hingga ke mancanegara. Surga di ujung timur Indonesia ini memang memiliki pesona keindahan yang tiada tara. Alamnya masih sangat alami, perutnya masih sangat biru, dan terumbu karangnya menjadi yang paling elok di dunia.

Raja Ampat memang sangat indah, namun sayang hanya sedikit warga Indonesia yang bisa menjejaki kakinya hingga ke bumi Papua. Selain karena tiket pesawat yang cukup mahal, harga yang dibayarkan pun bahkan bisa lebih tinggi dibandingkan liburan ke luar negeri misalnya ke negeri tetangga seperti Singapura ataupun Malaysia.

Beberapa wisatawan menyarankan untuk reservasi Sriwijaya jika ingin terbang ke Sorong Papua. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan melintasi laut dari sorong ke waisai. Riwayat Sayyidina wisatawan bisa mencari perahu yang bisa membawa mereka ke beberapa pulau yang indah seperti Wayag ataupun Painemo.

Meskipun biaya yang dikeluarkan cukup mahal dibandingkan wisata ke daerah lain di Indonesia, pesona keindahan yang ditawarkan sebanding dengan harga yang dibayarkan. Namun Ada cara lain untuk bisa liburan ke Raja Ampat dengan menekan biaya.  Berikut tipsnya seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Traveling secara rombongan

Biaya travelling ke Papua memang sangat mahal namun bukan berarti tidak bisa disiasati. Salah satu trik untuk bisa menekan biaya transportasi akomodasi dan juga konsumsi adalah dengan cara mengajak teman-teman lain. Rata-rata kapasitas kapal yang bisa membawa penumpang ke Painemo ataupun ke Wayag adalah antara 8 ada 10 orang. Semakin banyak orang yang ikutmakaakansemakinsedikitbiaya yang dibayarkan secara perorangan.

Dengan cara gotong royong seperti ini biaya yang tadinya cukup besar namun akan lebih terasa ringan karena ditanggung bersama. Biasanya di beberapa komunitas Backpacker selalu ada ajakan traveling bersama tak terkecuali ke Raja Ampat Papua.

2. ManfaatkanTiketPesawat Promo

Sebelum reservasi Sriwijaya tujuan Jakarta Sorong, ada baiknya kamu memeriksa atau melihat terlebih dahulu kamu yang sedang berlangsung. Harga tiket ke Sorong emang tidak murah apalagi jika menjelang lebaran harganya bisa dua kali lipat lebih mahal dibandingkan pada hari biasa.

Tiket pesawat ke Sorong dari Jakarta rata-rata kurang lebih sekitar 4 sampai dengan 5 juta rupiah untuk sekali terbang. Namun beberapa wisatawan ada juga yang terbang dari Surabaya sehingga bisa lebih murah. Karena jaraknya lebih dekat dibandingkan dari Jakarta.

3. Gunakan Kapal Penyeberangan Murah

Setelah tiba di Sorong, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan untuk penyeberangan ke Waisai. Perjalanan dibutuhkan guru nabi selama 2 jam dari sorong Kewaisai.

Harga tiketnya rata-rata diatas Rp120 ribu. Namun ada kapal baru yang memiliki tarif yang lebih murah yaitu sekitar Rp50.000 perorang. Kapal yang menyeberang ke Raja Ampat biasanya berangkat pagi hari. Dan akan kembali pada sore hari.

4. Siapkan Retribusi sebesarRp 500 ribu

Semua wisatawan yang datang ke Waisan akan dikenai retribusi wisata sebesar Rp500 ribu khusus harga warganegara Indonesia. Sedangkan untuk turis asing dikenakan biayaRp 1 juta orang perkepala.

Setelah tiba di Waisai kamu bisa mencari kapal yang disewakan untuk bisa mengunjungi Wayag ataupun Painemo. Semakin canggih dan semakin banyak mesin di perahunya, makan harganya akan semakin tinggi. Namun, dengan mesin yang lebih banyak biasanya jarak tempuhnya akan lebih singkat.

5. Cari penginapan murah di Raja Amat

Waisai sudah cukup maju dan sudah memiliki beberapa hotel sederhana kelas melati dan juga beberapa resort yang dikelola oleh warga asing. Kamu bisa mencari informasi penginapan murah di Raja Ampat karena beberapa warga pun menyewakan rumahnya sebagai homestay bagi wisatawan.

Harga penginapan di Homestay relatif lebih terjangkau. Terlebih kamu bisa berbaur dengan masyarakat dan menggali banyak informasi tentang Waisai, Wayag dan Painemo yang indah.

6. Waktu terbaik ke Raja Ampat

Waktu terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat adalah pada akhir tahun sekitar bulan November hingga bulan April. Pada saat itu biasaya ya intensitas hujan di bumi Papua akan semakin ringan. Jangan pernah menantang cuaca jika cuaca masih kurang bersahabat.

7 Bawa lebih banyak pecahan 20 ribuan

Setiap hari transaksi dengan warga Papua, rata-rata nilai yang dihabiskan antara Rp50.000 sampai dengan Rp100.000. Namun jika kamu datang ke pasar Sorong, uang pecahan kecil seperti Rp 10.000 dan Rp 20.000 masih ada yang menggunakan alat tukar yang sah.

Sebelum berangkat ke Raja Ampat bersama teman-teman, sebaiknya kamu bisa mencari promo hotel murah yang sudah lengkap dengan fasilitas AC atau pendingin ruangan. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu tiket pesawat dengan melakukan reservasi Sriwijaya sejak awal sebelum jelang mendekatnya hari libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Liburan ke Raja Ampat sambil kulineran yuk.






12 comments:

  1. Wooww!! Ide yang menarik..😄

    Jadi kepengin ke Raja Ampat lagi... Ingat memory 5 tahun lalu ooohh!! Raja Ampat... Andai ada yang gratis aku akan kesana..😱😳😂😂😂😂😂😂😂

    ReplyDelete
  2. Wahh,,, kalo ada paket murah liburan nya mau nih,,,, Raja Ampat terkenal hingga seluruh dunia soal nya,,

    ReplyDelete
  3. kalo tiket dari sriwijaya rata-rata harga termurah nya brapa ya kak,

    ReplyDelete
  4. baru ngeh kalo harus sediain pecahan 10 dan 20 ribuan...

    ReplyDelete
  5. Mahal bingit yaaa biaya holiday ke raja Ampat ��

    ReplyDelete
  6. Itu retribusi diluar biaya kapal mbak?

    ReplyDelete
  7. Brarti emang harus ngeluarin kocek lebih besar yaa,, ga apa2 lah,, setimpal sama kepuasan wisata yang didapet...

    ReplyDelete
  8. wow.. Raja Ampat, destinasi wisata impian.. kapan ya bisa ke sana .. hihi mesti siap kocek banyak ya ^^

    ReplyDelete
  9. Ini tempat liburan impian banyak orang kayaknya ya mbak. Aku juga pengen main ke Raja Ampat. Cantiiiikk banget. :)

    ReplyDelete
  10. Biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan hasil yang di dapetin nih..
    ngumpulin pundi2 ahh,,,

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES