Monday, January 15, 2018

Kuliner Sekolahan Favorit di Depan SMAN 2 Kota Bengkulu

Bubur Sumsum dan Pangsit Depan SMAN 2 Kota Bengkulu
Kuliner sekolahan, hmmmmmm siapa sih yang tidak suka. Kuliner yang terkenal enak dan murah, iyes. Jangankan anak sekolahan kan ya, orang yang sudah kerja seperti aku saja suka dengan yang beginian. Ingat dulu sewaktu kuliah aku dan teman-teman di fakultas suka beli pentol bakso depan SD dekat univeristas. Waktu itu sering rebutan dengan anak SD hahahaa.....kalau dipikir-pikir sekarang apalah itu kok mau maunya rebutan dengan anak SD.

Oh iya, edisi kali ini kita membahas tentang kuliner sekolahan yang ada di depan SMAN 2 Kota Bengkulu, tepatnya di pinggir jalan pertengahan Jl. Mahoni sebelah Perpustakaan Provinsi Bengkulu. Pokoknya kalau masuk ke Jl. Mahoni kita tinggal lurus saja, lihat kiri kanan dan jika menemukan SMAN 2 dan Perpustakaan Provinsi Bengkulu maka kita sudah ada di lokasi.

Kuliner sekolahan yang ada di depan SMAN 2 ini adalah bubur sumsum dan mie ayam. Aku menemukan makanan ini semenjak masih di SMA. Dulu aku sering keluyuran ke luar sekolah dengan berbagai alasan, entah itu ikut lomba, sebar undangan, wawancara, seminar, pelatihan dan sebagainya, pokoknya jalan termasuk ke perpustakaan. Jadi walau SMAN 6 agak jauh dari sini aku sering mampir hehe. Keluar sebentar dari rutinitas belajar sesuatu sekali.

Pertama kali mampir serasa menemukan suatu tempat yang luar biasa, apalagi kalau mampir dikala panas dan lapar. Rasa makanan di sini enak dan terjangkau dengan kantongku. Pantasan menjadi favorit banyak orang dari dulu.

Berbeda dengan aku yang murni menikmati kuliner, para pria di sekolahku dulu biasanya datang ke sini untuk sambil menyelam minum air. Mereka makan di sini sambil melirik anak-anak perempuan di SMAN 2, bagi mereka itu yang menjadikan tempat ini favorit. Kalau datang pokoknya mereka sudah dengan dandanan maksimal. Minyak nyong-nyong, dan pakaian terbaik. Untung dulu aku tidak masuk kategori perempuan untuk mereka hahahaaa, hal ini membuatku bisa makan dengan tenang, habisnya aku tidak feminim, lebih tomboy dari sekarang. Tapi eh tapi ya, kok malah aku yang berjodoh dengan anak sana, dunia memang terkadang selucu itu.

*ingat masa lalu :D

bubur sumsum
Bubur Sumsum Kesukaan
Lanjut ke mie ayam dan bubur sumsum.

Sebenarnya makan sepiring mie ayam sudah membuat perut kenyang, tapi kurang lengkap rasanya kalau makan mie ayam di sini tanpa ditemani bubur sumsum. Aku biasanya langsung pesan keduanya saat mampir.

Semangkuk bubur sumsum dibandrol dengan harga Rp 7.000,- per mangkuk dan untuk mie ayam dengan harga Rp 11.000,- per piringnya.

mie ayam
Mie Ayam
Kalau mampir ke tempat ini biasanya kita akan bertemu dengan anak-anak alumni SMAN 2 yang bernostalgia dengan jajanan dekat sekolah mereka. Sering aku mendengar para alumni saling sapa dengan para pedagang yang masih ingat dengan mereka. Seru deh pokoknya, kalau mampir ke Perpustakaan Provinsi Bengkulu atau ke SMAN 2 Kota Bengkulu boleh tu cicip-cicip kuliner di sana. 

26 comments:

  1. Waduh itu bubur sumsum menggoda betul. Kalo saya bubur sumsum gitu hits pas SD. Semangkoknya masih Rp. 500. Yang beli antri. Kadang-kadang ada ibu-ibu yang jemput anaknya ikutan beli bawa gelas/tupperware sendiri dari rumah =D

    ReplyDelete
  2. Sama mbak, ku juga meski udah gede gini masih suka jajan waktu SD. Apalgi semacam bubur sumsum dan mie ayam gitu, duh yaaa enak banget mesti

    ReplyDelete
  3. Sama mbak, ku juga meski udah gede gini masih suka jajan waktu SD. Apalgi semacam bubur sumsum dan mie ayam gitu, duh yaaa enak banget mesti

    ReplyDelete
  4. Terkadang, jajan jaman old itu membuat kita bernostalgia betapa tidak sehatnya hidup kita dulu ya. Sekarang juga sih, hahaha. Tapi, dulu, aku juga sering kok waktu ke SMP aku di Padang, sering itu beli jajan di depan SMP itu, ya, kebetulan warung gitu sih yang menyediakan roti gitu. Tapi, aku entah kenapa kangen bakso sambal pas SD ya. Waduh!

    ReplyDelete
  5. walah bubur sumsumnya menggoda iman!
    di jaman Adiwiyata ini, semua apapn yang berdekatan dengan area sekolah juga harus mendukung adiwiyata.
    termasuk makanan itu!
    bubur sumsumnya menggoda iman! (again)

    ReplyDelete
  6. aku kadang suka juga nongkrong di gerobak2 depan SMA. sama, makanan favoritku mie ayam. harganya lumayan murah sesuai kantong anak sekolahan :)

    ReplyDelete
  7. Bubur sumsum itu sukaaa.. Karena ada mutiara2nya itu. Tp sayang kalo di samarinda susah banget nyari yg jual bubur gitu. Jd mupeng

    ReplyDelete
  8. Entah kenapa jajanan di sekolah itu suka enak-enak dan harganya murmer. Sampai sekarang pun saya kadang kala mampir ke SD untuk sekdar jajan, hehehe...itu mie ayamnya begitu menggoda perut dan lidah hehehe

    ReplyDelete
  9. bila ku pandang-pandang dri segi warna cukup membuatku tergoda dan di bawa baper tingkat dewa. Aku yakin ini enak.
    Oh iya, anak laki2 memang sudah biasa begitu, sambil nyelam, minum air. Tapi semoga saja anak lelaki itu tdk tenggelam.
    Hehehe..

    ReplyDelete
  10. Haissh bubur sumsum.. jaman SD enaaak banget. Sampe kebayang juga skrg hehe.. dulu pas anak2 sih ga mikir soal warna ya. Makin meriah warna makin suka. Tapi kalau sekarang ada perasaan pasti dan mungkin aga hati2 soal pewarna. Kalau sudah langganan dan tau kualitasnya baru saya makan. Mudah2an semua pedagang bubur sumsus di depan semua sekolahan SD SMP dan SMA Se-Indonesia ini Halal dan Thoyib semua ya aa aamiin.. doaku buat semua anak-anak sekolahan ^^

    ReplyDelete
  11. Kuliner sekolahan emang lexatt dan murahhh.a
    Dulu di sekolahku jajanan favotir yahh kerupuk pansit. Enakk dan renyah plus baksoo juga. Namjn krna uang jajan seadanya biasanya cuma jajan pisang goreng heheheheh

    ReplyDelete
  12. Waah ..bubur sumsum dan mie ayam, itu dua-duanya makanan favorit saya, juga. Apalagi bubur sumsum, saya sukaaa sekali.

    Eh, Mbak Zefy, itu yang warna coklat ada di bubur sumsum itu apa ya? Roti, bukan?
    Di saya, penampakan bubur sumsum persis seperti itu, tapi tanpa potongan yang warna coklat itu.

    ReplyDelete
  13. wah jajanan sekolahan tuh beneran nostalgia bangeeet.. di setiap sekolah biasanya pasti ada yg namanya mie ayam dan bakso ya mba, dan asiknya lagi harganya pasti murah kalo di sekitaran sekolah hehe

    ReplyDelete
  14. Aku bangeet...
    Kalo pulang kampung, suka balik lagi ke masa-masa itu.

    Saat SMA (kebetulan satu SMA dengan suami).
    Hanya pingin minum es campur sambil makan mie ayam yang sebenarnya gak ada ayamnya...wkkkw...hanya ada tulang ayam dan dagingnya sedikit nyelip.


    Tapi rasanya kini kok gak seenak dulu yaa...?
    ((apa lidahnya mulai picky??))

    ReplyDelete
  15. Bubut sum simnya beda...ya, kalo disimatera biasanya warna putih yang kuahnya dari gula merah cair...ga ada campuran..

    ReplyDelete
  16. jajanan sekolahan memang nikmat banget sih. Bikin kangen aja dengan makanan makanan di deket sekolahan bikin nostalgia banget. Apalagi, untuk harga bubur sumsum dan mie ayam diatas masuk cukup murah dan terjangkau banget. khususnya buat yang masih sekolah.

    ReplyDelete
  17. Jadi inget zaman aku SMP. Semua kuliner enak ada dikantin. Semuanya sih sederhana tapi kebersamaan ama rebutannya yang bikin ngga berenti ngunyah. Bakwan ama kroket di kantin sekolah pake bumbu kacang pedes. Makannya ngga bisa berenti. 3 hanya seribu. Sedeeeeep ngetzzz

    ReplyDelete
  18. Waduh jadi pengen ke Bandung terus jajan2 murah meriah di sekolahanku dulu..kalau aku dulu fav nya adalah martabak mini murmer gt... Cuma dia pakai telor

    ReplyDelete
  19. ini nih, makanan legend di depan sekolah aku,
    Dulu kalo ga ada guru masuk, pasti nyelip keluar sekolah buat mesen bubur sumsum ini.
    *alamak, ketauan hahahahaha :D

    ReplyDelete
  20. Jajanan di depan sekolah emang yang paling enak, mbak! Dulu di sekolahku ada kantin pun, anak2nya tetep pada lari ke depan sewaktu istirahat hehehe :D

    ReplyDelete
  21. wahh,, mau dund bubur sum sum nya kaka ze

    ReplyDelete
  22. Wooww!! Asyik yaa!! Meski hanya kuliner sekolah tapi punya kesan menarik dan selalu ingin membelinya.... Jadi bisa ikut sekolah lagi deh bareng anak..😊😊😂😂

    ReplyDelete
  23. Wow enak tuh yang bubur sumsum. Disini ada juga yang jualan tapi keliling jadinya kadang ketemu kadang ga. Sebungkus cuma 3.000 aja.😁

    ReplyDelete
  24. aku semua jenis mie, walaupun dimakan tiap hari pun aku ga bosen hehe

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES