Tuesday, February 6, 2018

Manfaat tomat yang harus kita ketahui


Siapa yang suka makan tomat? Ayo angkat tangan. Wah.......................................info mantab ini, sepertinya hampir semua orang suka tomat meski dengan cara konsumsi yang berbeda-beda.

Iya berbeda-beda. Ada yang suka dengan mengkonsumsi tomat secara langsung seperti memakan buah, ada yang suka makan tomat setelah dicampur dengan sayur mayur, ada yang suka makan tomat jika sudah dijus. Hm...bagaimanapun cara makannya tomat tetap istimewa.

Istimewa karena selain memliki rasa yang enak tomat mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita. Tahu kan kalian kalau tomat mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita?

Penasaran?

Baiklah, yuk kita bahas!


1. Menyehatkan kulit
Tomat mengandung banyak air, dengan mengkonsumsi tomat kulit kita akan tetap sehat dan mengkilap.

2. Menjaga kesehatan
Tomat mengandung beragam vitamin dan mineral yang beranfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tomat mengandung semua nutrisi positif yang dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh manusia.

3. Mencegah penyakit jantung dan stroke
Tomat kaya akan kalium, tomat mengandung pottasium yang berguna untuk mengendalikan detak jantung. Hal ini berguna untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah penyakit mata
Kaya dengan kandungan vitamin A, B, tiamin, folat, niasin membuat tomat dapat membantu pencegahan penyakit mata. Konon kabarnya dengan mengkonsumsi tomat kita tidak hanya bisa mencegah penyakit matan tapi juga bisa mengobati mata yang rabun lho, kalaulah ini benar sungguh bagus tomat untuk mata kita.

5. Mencegah tekanan darah tinggi dan kolesterol
Mengapa bisa tomat mencegah tekanan darah tinggi?
Kandungan mineral dan nutrisi tomatlah yang membuat tomat dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan juga kolesterol.

6. Memperbaiki kekuatan tulang dan gigi
Tomat itu kaya akan kalium, hal ini membuat tomat dapat memperbaiki kekuatan tulang dan gigi.

7. Melindungi kita dari radikal bebas
Zaman now agak susah ya, ga keluar rumah tak mungkin kan. Eh keluar rumah banyak radikal bebasnya. Jadi bagaimana? Konsumsi tomat! Tomat mengandung lycopen dan zeaxanthin yang merupakan ahlinya penangkal radikal bebas.

8. Anti kanker
Ini nih yang tak kalah kece. Tomat merupakan salah satu makanan anti kanker. Tomat dapat menghalangi  masuknya radikal bebas ke tubuh kita atau bisa disebut dengan mencegah reaksi karsinogenik terjadi di tubuh kita.

9. Memperbaiki sel dan otot
Siapa sangka coba ternyata buah tomat kaya akan protein. Seperti kita ketahui bersama kalau protein sangat berperan untuk memerbaiki sel dan otot tubuh kita.

10. Rendah lemak
Hayo ngaku saipa yang sedang diet? Mau buang lemak tapi taku makan makanan yang salah? Kalau makan tomat kita tidak akan khawatir akan hal ini. Tomat merupakan makanan rendah lemak yang baik untuk tubuh.

11. Menurunkan kolesterol
Sadar tidak kalau sebenarnya biji buah tomat mengandung banyak sekali zat niacin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol? Benar, niacin juga terkandung di dalam biji buah tomat. Kalau ada yang sudah terjangkit kolesterol bagus nih konsumsi tomat sebagai obatnya.


Eh, ngomong-ngomong ini yang di atas adalah foto tomat hijau. Tomat hijau itu enak lho kalau diracik menjadi campuran bumbu sambal hijau nan.

Makan tomat yuk.

Baca juga: Buah pinang untuk vitalitas pria


26 comments:

  1. Replies
    1. rebus tomat? wahh...aku belum pernah ini mas

      Delete
  2. Wah aku suka banget makan tomat kak, diiris kecil-kecil aja terus di campur gula. orang bilang sih aneh, tapi enak kok, asem manis gitu, heuheuh

    ReplyDelete
  3. saya suka.makan tomat mbak, buah yang murah dan memiliki segudang manfaat, mau dimakan langsung, dijus, direbus, dibikin saus , sambal, salad dan campuran sayur tumisan, tetap enak

    ReplyDelete
  4. Siapa suka tomat? *nggak angkat tangan* banyak juga manfaatnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahaaa..harusnya bu dokter suka ini lho Fir
      *ngakak

      Delete
  5. Banyak juga ya manfaat tomat ^^ pantesan tante ku suka minum jus tomat, kalo aku mah gak doyan... suka tomat kalo udah dicampur sama sambel aja... heheh

    ReplyDelete
  6. Saya suka lupa kalo masak memasukan tomat. Tapi kalo jus tomat sih doyan

    ReplyDelete
  7. Anak-anak kok susah ya kalo diajak makan tomat

    ReplyDelete
  8. Saya suka tomat kalo udah nyampur sama soto. Hehehe...

    Waktu naik gunung pernah bawa tomat, niatnya mau dimasak buat campuran sayur sop. Karena malas, akhirnya itu tomat dimakan bulat-bulat. Ya lagi kepepet mah enak-enak aja, sih =)

    ReplyDelete
  9. Saya suka makan mentah. Apalagi yang baru. Alias masih sangat segar. Mantap.

    ReplyDelete
  10. Wedang tomat itu nyenengin.
    Ternyata kegunaannya banyak pula astaga..

    ReplyDelete
  11. Tau bangeeet deeh...Ze.
    Aku suka tomaat...meskipun saat ini masih sering buat campuran sayuran lainnya.
    Tapi kalau lagi galau (( kenapa nunggu galau siik?? wkkwkk )) aku potong-potong tuuh...tomat sayur (( yang mungil menggemaskan )), abis itu aku makan dengan taburan gula pasir.

    Kalau ada jeruk lemon, bisa juga buat perasa tambahan.

    Enyaaakk...seggeer...
    Justru kalau di jus, aku malah kurang suka.
    Nggrenyel - nggrenyel gittuu...

    ReplyDelete
  12. Aku juga suka tomat! Mau disayur atau di makan langsung pake gula atau di jus atau dicampur ke telur dadar! Semuanya aku suka 😍 dijadiin masker muka juga #ehh

    ReplyDelete
  13. Saya suka tomat, kalau bikin sayur, tumisan, nyambel selalu saya cemplungin tomat. Suka jus tomat juga. Kalau malas ngejus tinggal potong2 masukin gelas trus kasi gula dicampurin/ dibejek2, makan deh hehe

    ReplyDelete
  14. Saya juga suka tomat, Mbak. Kalau nyayur sering pakai tomat. Trus paling suka tuh dibikin minuman es tomat (pakai tomat buah kalau yg ini). Jadi diiris-iris kecil aja, terus dicampur gula dikit, kasih air dan es. Hemmm... Segernyaaaa :)))

    ReplyDelete
  15. Wah, banyak sekali ya manfaat tomat. Tahu gitu dari dulu mengonsumsinya. Soalnya saya baru2 ini saja suka tomat setelah baca kalau tomat merupakan antioksidan alami yang baik bg tubuh.

    ReplyDelete
  16. tomat memang banyak banget nutrisinya. aku enggak suka tomat mentah yang sebenarnya kandungan gizinya paling banyak, paling kalau dimasak aja baru suka

    ReplyDelete
  17. Yuk lah banyakin jus tomat nya. Dibikin manisan gimana ya..

    ReplyDelete
  18. manfaatnya banyak banget padahal, tapi aku gak suka tomat huhuhu

    ReplyDelete
  19. Tomat itu enak diapain aja apalagi banyak bgt manfaatnya dan saya baaru tau ternyata bisa sebagai pencegahan kanker ya wajib dikonsumsi tiap hari nih

    ReplyDelete
  20. Wih... tomat.... masih jadi perdebatan panjang. Masuk kategori buah atau sayur yaaaaa hehehe. Jenisnya macem macem. Bisa dimakan begitu aja, dijadikan juice sampai jadi campuran sayur. Kaya vitamin dan mineral. Cocok banget buat yg sariawan hehe

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES