Wednesday, April 25, 2018

Sekda Prov. Tekankan Pentingnya Kualitas Penduduk


Bengkulu – Banyaknya jumlah penduduk tidak serta – merta dapat meningkatkan perekonomian suatu daerah, namun kualitas dari generasi yang dihasilkan. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti saat Launching pelayanan KB Serentak (Gertak) dalam rangka Hari Bhakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bengkulu Tahun 2018, Selasa (24/4) di Kabupaten Kepahiang.

Dijelakan Sekda Prov. Nopian Andusti bahwa kualitas penduduk yang semakin meningkat harus juga diiringi dengan pengendalian penduduk, dalam hal ini bukan membatasi tetapi bagaimana anak yang dilahirkan dapat terjamin masa depannya.

“Kita berdosa kalau melahirkan anak banyak tetapi pendidikannya tidak terjamin, kesehatannya tidak terjamin, masa depannya tidak terjamin itu berarti kita menelantarkan,” tegas Sekda Prov. Nopian Andusti.

Launching pelayanan KB Serentak (Gertak) ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan KB dan kesehatan reprduksi yang berkualitas dan merata di semua tingkatan. Sasarannya adalah bagaiman program KB dapat dengan makasimal dalam proses pengendalian penduduk dan peningkatan kualitas penduduk. Selain di Kabupaten Kepahian kegiatan ini juga dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota se Indonesia.

“Kita tidak melihat ini semata – mata dari sisi mengurangi penduduk, tetapi pengendalian penduduk agar antara penduduk yang ada seimbang dengan daya dukung lingkungan,” jelas Nopian Andusti.

Terkait dengan minimnya petugas lapangan, Nopian Andusti menjelaskan akan dilakukan penambahan, disamping pemberdayaan melalui Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD di desa –desa.

“Nanti kekurangan petugas  - petugas kita dilapangan ini akan dinatu kader kita di desa, yang masing – masing dua orang per desa,” jelas Nopian Andusti.

Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta Widwidiono pada kesempatan ini mengharapakan target 2021 angka kelahiran total atau total fertility rates (TFR) angka kelahiran dapat konstan 2,1 dapat tercapai.  Diharapkan dengan kerjasama yang baik dari semua Stakeholder maka program KB di seluruh Provinsi Bengkulu akan tercapai.

“Dengan pertumbuhan penduduk dikendalikan tetapi kualitas penduduk ditingkatkan, maka Indonesia kedepan dapat setara dengan negara – negara maju lainnya,” terang Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta Widwidiono.

Tampak hadir dalam agenda ini Sekda Kabupaten Kepahiang Zamzami Zubir, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Busmar Edisyaf, Kadinkes Provinsi Bengkulu, Kadis PPAPKB Provinsi Bengkulu, OPD Kabupaten Kepahiang Darmawanita Kab. Kepahiang serta tamu undangan lainnya. (Morecka – Media Center Humas Pemprov Bengkulu) 

*Berita ini adalah bentuk kerjasama Pemilik Blog www.catatze.com dan Media Center Pemprov Bengkulu

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES