Wednesday, August 15, 2018

Ini Dia Beberapa Penyakit Komplikasi Serius Dari Tidak Ditanganinnya Herpes



Penyakit herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh serangan virus varicella zoster, dimana virus ini menjadi penyebab terjadinya penyakit cacar air. Sehingga herpes ini sering juga disebut dengan penyakit cacar air. Herpes ini sebuah penyakit dengan karakternya yang unik dan juga bandel, hal ini dikarenakan herpes ini akan sembuh dengan sendirinya tetapi meski begitu penyakit ini dalam jangka waktu tertentu akan dapat kambuh lagi. Herpes ini terdiri dari 2 jenis dan salah satunya adalah herpes zoster.

Herpes zoster ini akan menyerang seluruh area permukaan kulit dan yang akan terserang biasanya adalah bagian badan. Dimana daerah yang terkena virus akan ditandai dengan adanya bercak kemerahan, dan akan munculnya bintik bintik gelembung berisi air dalam waktu 12 hingga 24 jam. Selain itu rasa sakit berupa rasa panas seperti terbakar atau rasa seperti adanya benda tajam yang menusuk nusuk akan dialami oleh penderita herpes. Selain itu rasa gatal dan mati rasa akan dialami juga oleh mereka yang terkena herpes.

Herpes yang dialami sebaiknya segera diobati karena jika tidak segera diobati akan mengakibatkan beberapa penyakit komplikasi yang serius. Berikut beberapa penyakit komplikasi serius dari tidak ditanganinnya herpes diantaranya yaitu :

1. Neuralgia Pasca Herpes Atau Postherpetic Neuralgia
Para penderita herpes akan mengalami rasa nyeri yang sangat parah dan akan berlangsung selama berbulan bulan atau bahkan bertahun tahun setelah sembuhnya ruam. Diperkirakan sebagian kecil dari pengidap komplikasi ini mereka yang sudah berusia diatas 50 tahun.

2. Kebutaan
Jika herpes zoster ini terjadi di sekitar mata maka akan dapat mengakibatkan peradangan pada saraf mata, glaucoma, atau bahkan akan berujung kepada kebutaan.

3. Gangguan Pada Syaraf
Terjadinya herpes juga akan menyebabkan gangguan pada syaraf seperti inflamasi pada otak, pendengaran akan mengalami masalah, dan keseimbangan tubuh juga akan mengalami gangguan.

4. Infeksi Pada Ruam Atau Lepuhan
Jika tidak bisa menjaga kebersihan maka akan dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada ruam atau lepuhan.

5. Pada Bekas Ruam Ada Bercak Putih
Ruam pada herpes zoster akan menyebabkan pigmen kulit mengalami kerusakan dan akan terlihat seperti ada  bekas lukanya.

Itulah beberapa penyakit komplikasi serius dari tidak ditanganinnya herpes. Langkah terbaik untuk menangani herpes zoster ini adalah dengan melakukan pengobatan secara medis.


No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 · THEME BY RUMAH ES